MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Study Multisitus di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MTs Alhuda Bandung Tulungagung)

SITI WIKAYATI, 12850121059 (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Study Multisitus di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MTs Alhuda Bandung Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran kepala skoah dan guru dalam menjalankan pendidikan, dalam pelaksanaan pemblajaran dan pendidikan maka guru dan kepala sekolah akan senantiasa melakukan perbaikan dan pengawasan guna menuju perkembangan. Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Darul Hikmah Tawangsari dan MTs Al huda Bandung Tulungagung, 2) Bagaimana Pelaksanakaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Darul Hikmah Tawangsari dan MTs Al huda Bandung Tulungagung, 3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Darul Hikmah Tawangsari dan MTs Al huda Bandung Tulungagung. 4) Bagaimana Tindak Lanjut Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Darul Hikmah Tawangsari dan MTs Al huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metote kualitatif deskriptif, jenis penelitianya adalah lapangan, dan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif menyajikan data dalam bentuk narasi atau deskripsi, serta dilakukan dengan natural pengamatan dilapangan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dan MTs Al Huda Bandung Tulungagung dengan mengadakan analisis kebutuhan, untuk melihat dan memprediksi kebutuhan sumber daya manusia di madrasah yang akan datang.. 2) pelaksanaan pengembangan SDM mulai dari tahapan rekrutmen guru, selama ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu: a) melihat formasi yang dibutuhkan, mengikutkan pelatihan, diklat dan seminar guru, studi kelompok antar Guru/MGMP, melakukan supervisi dan kunjungan kelas dan mengadakan penilaian, Bentuk Rapat rutin, 3) Evaluasi Penilaian kinerja melalui evaluasi dalam bentuk rapat evaluasi bulanan, rapat evaluasi tengah tahun atau akhir semester, dan rapat evaluasi akhir tahun pembelajaran. Penilaian kinerja melalui supervisi dalam bentuk supervisi terhadap administratif dan supervisi terhadap pembelajaran yang dilakukan guru. 4) Tindak lanjut dari pengembangan SDM di kedua lembaga juga dilakukan dalam bentuk seminar, workshop, supervisi, dan tinjauan hasil evaluasi mengajar. Kedua lembaga juga melakukan pendampingan kepada guru, dalam rangka pendampingan jabatan fungsional seperti sertifikasi, Pemberkasan dan laporan yang terkait dengan keguruan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121059 Siti Wikayati
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:10
Last Modified: 05 Jul 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36750

Actions (login required)

View Item View Item