STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 TULUNGAGUNG

MARIYATUL QIBTHIYAH, 12205193137 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mariyatul Qibthiyah, NIM. 12205193137, Dosen Pembimbing Dr. Nita Agustina N.E.E., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik. Konteks Penelitian ini adalah masih banyaknya tujuan pembelajaran yang belum dicapai karena masih banyak siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran tematik dikarenakan kurangnya kreativitas guru dalam memberikan materi kepada siswa, dengan adanya fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Tematik di MIN 1 Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 1 Tulungagung, mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 1 Tulungagung, mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 1 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 1 Tulungagung yaitu guru mempersiapkan pembelajaran tematik yang baik dengan memperhatikan pengorganisasian materi, melihat kemampuan awal siswa, memperhitungkan waktu, menyusun RPP, membuat media pembelajaran dan merencanakan lembar tugas. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 1 Tulungagung yaitu melakukan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, menjelaskan materi menggunakan media pembelajaran dan mengaitkan materi ke kehidupan sehari-hari, menutup pembelajaran dengan menyimpulkan materi yang telah dipelajari. (3) Faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di MIN 1 Tulungagung yaitu: Faktor penghambat meliputi perbedaan karakteristik siswa, perbedaan individu siswa, siswa sering merasa bosan saat pembelajaran, sumber dan media terkadang sulit untuk menyesuaikan materi, adanya media tetapi guru kurang memahami cara penggunaannya. Faktor pendukung meliputi kesiapan mental guru dalam mengajar, kemampuan guru dalam mengelola kelas, penggunaan media pembelajaran, adanya LKS sebagai rujukan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193137 MARIYATUL QIBTHIYAH
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:59
Last Modified: 03 Jul 2023 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36767

Actions (login required)

View Item View Item