MOHAMAD NASIKHUDIN, 12205183270 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 DI MI ABUN NAJA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Latar belakang penelitian ini di dasari oleh ke tidak siapan peserta didik dalam menerima mata pelajaran yang di berikan guru.serta kurangnya motivasi dari guru dan dari orang-orang yang terdekat dari peserta didik. Sehingga dalam menerima pembelajaran peserta didik, merasa kesulitan. Oleh karena itu strategi yang dilakukan guru adalah memberikan pembelajaran tambahan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, ketika pulang sekolah, serta memberikan Latihan-latihan yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan. Mengingat pentingnya peranan guru untuk mencapainya tujuan pendidikan yang optimal. Maka guru berperan besar dalam keberhasilan peserta didik untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dengan memberikan motivasi kepada peserta didik dan memberikan tawaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Dalam Melakukan Kegiatan Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas 2 di MI Abun Naja Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana Strategi Guru Dalam Mengatasi Faktor Ekstern Kesulitan Belajar Pada Peserta Didik Kelas 2 di MI Abun Naja Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana Strategi Guru Dalam Mengatasi Faktor Intern Kesulitan Belajar Pada Peserta Didik Kelas 2 di MI Abun Naja Wonodadi Blitar. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada peserta didik kelas 2 MI Abun Naja Wonodadi. (2) Mendeskripsikan factor ekstern kesulitan belajar pada peserta didik kelas 2 MI Abun Naja Wonodadi. (3) Mendiskripsikan intern kesulitan belajar pada peserta didik kelas 2 MI Abun Naja Wonodadi Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif lokasi penelitian ini berada di MI Abun Naja Wonodadi Blitar mengoptimalkan kehadiran berdasarkan dua sumber: (1) Data primer (2) Data sekunder, kemudian untuk teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh peneliti sebagai berikut, 1) strategi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran pada peserta didik kelas 2 di MI Abun Naja Wonodadi Blitar yaitu: guru melakukan kegiatan pembelajaran yang menarik, memberikan lingkungan belajar yang nyaman, dan memberikan pengulangan materi kepada peserta didik. 2) strategi guru dalam mengatasi faktor ekstern kesulitan belajar peserta didik kelas 2 di MI Abun Naja Wonodadi Blitar yaitu: faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar siswa adalah a) lingkungan, b) keluarga, c) sumber belajar, d) media belajar. 3) strategi guru dalam mengatasi faktor intern kesulitan belajar peserta didik di MI Abun Naja Wonodadi Blitar yaitu: a) eksplorasi (kunjungan), b) mengajak bicara, c) pelajaran khusus.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205183270 MOHAMAD NASIKHUDIN |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36783 |
Actions (login required)
View Item |