MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT INFAK SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (Studi Kasus Pada Baznas Kota Blitar)

LUTFIANA MU’ALIFAH, 12404183018 (2023) MANAJEMEN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT INFAK SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (Studi Kasus Pada Baznas Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Manajemen Pendistribusian Zakat, Infaq, dan Sedekah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Blitar)” ini ditulis oleh Lutfiana Mu’alifah, NIM. 12404183018, prodi manajemen zakat dan wakaf, jurusan manajemen dan bisnis, fakultas ekonomi dan bisnis islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. ​Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan program pendistribusian yang dilaksanakan oleh BAZNAS Kota Blitar menemui beberapa kendala khususnya dalam manajemen pendistribusiannya. Cakupan mustahik yang cukup luas di Kota Blitar mengharuskan BAZNAS Kota Blitar mempunyai manajemen yang baik sehingga pendistribusian zakat, infaq dan sedekah dapat tepat sasaran melalui beberapa program yang ada. ​Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana penerapan manajemen pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah pada BAZNAS Kota Blitar? 2) bagaimana kendala internal dan eksternal manajemen pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah pada BAZNAS Kota Blitar? ​Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi yang diambil langsung di lapangan. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, display data, verifikasi dan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan temuan dengan meningkatkan ketekunan, menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. ​Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan manajemen pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah BAZNAS Kota Blitar dilakukan langsung oleh ketua dibantu oleh wakil ketua umum II selaku ketua bidang pendistribusian dan pendayagunaan BAZNAS Kota Blitar beserta seluruh pengurus lain yang bekerjasama dengan kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Blitar untuk turut serta mensukseskan program yang telah direncanakan sebelumnya. 2) kendala internal dan eksternal manajemen pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah yang dihadapi BAZNAS Kota Blitar adalah kurangnya kesadaran dari mustahik untuk menunaikan zakat serta jadwal yang tidak sesuai antara pengurus dan mustahik sehingga sedikit menghambat proses pendistribusian dari zakat, infaq, dan sedekah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Wakaf
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404183018 Lutfiana Mu’alifah
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:17
Last Modified: 03 Jul 2023 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36784

Actions (login required)

View Item View Item