ROMZI FAJAR SYARIFUDIN, 12201173403 (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL FALAH POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya motivasi peserta didik dalam proses belajar, terutama pada pelajaran fiqih disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Peserta didik cenderung pasif dan tidak berani mengajukan maupun menjawab pertanyaan saat di kelas. Diperlukan persiapan, strategi serta interaksi antar guru-peserta didik yang tepat dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah persiapan guru fiqih dalam mengajar di MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek?; (2) Strategi apa yang digunakan oleh guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek?; (3) Bagaimanakah interaksi guru fiqih di dalam kelas di MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek? Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi serta ketekunan dan keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Persiapan guru fiqih dalam mengajar berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Hal ini dapat memudahkan guru dalam merancang persiapan pembelajaran; (2) Strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi peserta didik berupa pendekatan strategi pembelajaran inquiry, kooperatif, contextual teaching and learning (CTL) dengan penerapan berupa tanya jawab, metode resitasi, metode penugasan, keterampilan serta praktek. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dari peserta didik dalam pembelajaran fiqih; (3) Interaksi guru fiqih di dalam kelas berupa komunikasi antara guru dan peserta didik baik satu arah dan dua arah serta adanya proses tanya jawab. Hal ini berdampak baik dan memotivasi siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173403 Romzi Fajar Syarifudin |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 03:41 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36791 |
Actions (login required)
View Item |