HENDY AGUSTA NUR FADILLAH, 12205183287 (2022) PERAN WALI MURID DAN GURU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PADA PASCA PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (814kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Hendy Agusta Nur Fadillah, NIM. 12205183287, Peran Wali Murid Dan Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Pada Pasca Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Keberhasilan, Pembelajaran, Peran Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru terhadap keberhasilan pembelajaran murid pada pasca pandemi di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran wali murid terhadap keberhasilan pembelajaran murid pada pasca pandemi di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana solusi guru dan wali murid menghadapi hambatan terhadap keberhasilan pembelajaran pada pasca pandemi di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagamana peran wali murid dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Manfaat bagi kepala Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung, sebagai sebuah sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu dalam pengajaran, bagi para guru Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol Tulungagung sebagai dasar untuk melakukan pembinaan akhlak pada siswa akibat dampak dari pandemi. Bagi wali murid apabila ada yang mengetahui dan membaca semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk kedepannya agar menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana terdapat cara untuk mendapatkan data yaitu dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Observasi digunakan untuk melihat kondisi dan tingkah laku murid. Sedangkan dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang sarana prasarana penunjang pembelajaran, dokumen Madrasah dan juga langkah atau peran yang telah dilakukan oleh guru maupun wali murid terhadap keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran wali murid dan guru sangat berpengaruh bagi keberhasilan pembelajaran murid. Karena wali murid memegang peranan yang pertama yaitu dalam keluarga, peran orang tua dalam pendidikan anak di lingkungan keluarga merupakan hal utama dalam memberikan contoh dan keteladanan. Sedangkan guru juga memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di lembaga sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183287 HENDY AGUSTA NUR FADILLAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 09:27 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 09:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36797 |
Actions (login required)
View Item |