PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL PIXTON PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X (STUDI KASUS DI MAN 3 BLITAR)

NUR AMALIA BALQIS, 12210193036 (2023) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL PIXTON PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X (STUDI KASUS DI MAN 3 BLITAR). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Komik Digital Pixton pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X (Studi Kasus di MAN 3 Blitar)” ditulis oleh Nur Amalia Balqis, NIM 12210193036, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pixton, Teks Negosiasi Media pembelajaran adalah salah satu faktor penentu berhasilnya kegiatan belajar mengajar. Adanya media pembelajaran dapat memberikan kemudahan proses transfer informasi dari guru ke siswa. Penentuan media pembelajaran yang tepat akan meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa. Pada realitanya banyak siswa yang tidak tertarik dan bosan dalam proses pembelajaran karena pemilihan media yang kurang tepat. Guru Bahasa Indonesia di MAN 3 Blitar telah memanfaatkan salah satu media pembelajaran yang terbukti efektif dan efisien dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks negosiasi. Media tersebut adalah komik digital pixton. Fokus pada penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan media pixton pada pembelajaran menulis teks negosiasi kelas X di MAN 3 Blitar? (2) bagaimana pelaksanaan penggunaan media pixton pada pembelajaran menulis teks negosiasi kelas X di MAN 3 Blitar? dan (3) bagaimana evaluasi media pixton pada pembelajaran menulis teks negosiasi kelas X di MAN 3 Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan media pixton pada pembelajaran teks negosiasi kelas X di MAN 3 Blitar. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan penggunaan media pixton pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X di MAN 3 Blitar. (3) mendeskripsikan dan menjelaskan evaluasi media pixton pada pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X di MAN 3 Blitar. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus di MAN 3 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisis data ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahap pelaksanaan terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Tahap evaluasi terdiri dari penilaian hasil kerja kelompok siswa berdasarkan kriteria tertentu yang dikumpulkan secara perwakilan di google classroom.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210193036 NUR AMALIA BALQIS
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:09
Last Modified: 03 Jul 2023 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36827

Actions (login required)

View Item View Item