MEI ANEKE PUTRI, 12210193042 (2023) STRATEGI GURU BAHASA INDONESIA DALAM PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Program Gerakan Literasi Sekolah di MTsN 3 Tulungagung ini ditulis oleh Mei Aneke Putri. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Gerakan Literasi Sekolah Gerakan literasi terhimpun dalam suatu Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dibagi menjadi tiga, yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga (GLK), dan Gerakan Literasi Masyarakat (GLM). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan literasi di Indonesia yang memprihatinkan, utamanya pada program gerakan literasi sekolah. Gerakan literasi sekolah adalah salah satu hal penting bagi kemajuan pendidikan suatu bangsa. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan strategi guru Bahasa Indonesia di MTsN 3 Tulungagung dalam program gerakan literasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1.) strategi guru Bahasa Indonesia dalam program gerakan literasi sekolah di MTsN 3 Tulungagung, 2.) penerapan program gerakan literasi sekolah di MTsN 3 Tulungagung, 3.) hambatan dan solusi yang dialami guru Bahasa Indonesia dalam program gerakan literasi sekolah. Adapun metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh berasal dari guru Bahasa Indonesia, pustakawan, serta beberapa siswa di MTsN 3 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tiga cara, yaitu observasi digunakan untuk mengamati proses gerakan literasi sekolah di MTsN 3 Tulungagung, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dari guru dan siswa, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa website MTsN 3 Tulungagung, jurnal membaca siswa, buku antologi puisi, dan daftar hadir pengunjung perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan program gerakan literasi sekolah telah dilaksanakan dengan baik dan tertib. Guru Bahasa Indonesia di MTsN 3 Tulungagung memiliki strategi dalam menerapkan program gerakan literasi sekolah, dengan cara menciptakan ekstrakurikuler jurnalistik, jurnal membaca siswa, bekerjasama dengan penerbit, dan mengikuti lomba literasi. Program gerakan literasi sekolah di MTsN 3 Tulungagung berupa adanya jadwal kunjungan perpustakaan, adanya pojok baca, dan keterlibatan pihak luar dalam gerakan literasi sekolah. Meskipun dalam penerapannya masih ada beberapa program yang belum maksimal. Pada saat menjalankan program gerakan literasi sekolah guru Bahasa Indonesia mengalami beberapa hambatan, yaitu kurangnya minat baca tulis dalam diri siswa dan fasilitas kurang mendukung. Guna mengatasi hambatan tersebut guru memiliki solusi, yaitu menumbuhkan minat baca tulis dalam diri siswa dan siswa mengumpulkan buku fiksi dan nonfiksi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Strategi G 12210193042 Mei Aneke Putri |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 07:55 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36844 |
Actions (login required)
View Item |