PENERAPAN AKAD ISTIJRAR DALAM TRANSAKSI JUAL BELI BAHAN BANGUNAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ASAS-ASAS HUKUM KONTRAK PERDATA DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Toko Budi Bangun Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar)

EMA KRISTIAWATI, 12101193069 (2023) PENERAPAN AKAD ISTIJRAR DALAM TRANSAKSI JUAL BELI BAHAN BANGUNAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF ASAS-ASAS HUKUM KONTRAK PERDATA DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus pada Toko Budi Bangun Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Ema Kristiawati, 12101193069, Penerapan Akad Istijrar dalam Transaksi Jual Beli Bahan Bangunan ditinjau dari Perspektif Asas-Asas Hukum Kontrak Perdata dan Etika Bisnis islam (Studi Kasus pada Toko Budi Bangun Desa Sukorame, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung: Dr. Reni Dwi Puspitasari, M.Sy. Kata kunci : Jual Beli, Akad Istijrar, Asas-Asas Hukum Kontrak Perdata, Etika Bisnis Islam Penelitian ini didasari dengan adanya fenomena akad istijrar dalam transaksi jual beli yang marak dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Blitar, khususnya pada toko Budi Bangun di Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Di mana dalam praktiknya konsumen diperbolehkan membeli bahan bangunan secara bertahap dan pembayaran dilakukan di kemudian hari sesuai kesepakatan. Namun, tidak semua konsumen mengetahui harga bahan bangunan yang telah diterimanya melainkan mengetahui pada saat dilakukannya pembayaran yang tertera pada nota pembelian. Pelaksanaan akad istijrar yang tidak sesuai dengan ketentuan Asas-Asas Hukum Kontrak Perdata maupun Etika Bisnis Islam dapat menimbulkan ketidakpastian hukum dan juga ketidakabsahan akad dalam jual beli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana fenomena penerapan akad istijrar dalam transaksi jual beli bahan bangunan pada toko Budi Bangun Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar ?; 2) Bagaimana fenomena penerapan akad istijrar dalam transaksi jual beli bahan bangunan pada toko Budi Bangun Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar ditinjau dari Perspektif Asas-Asas Hukum Kontrak Perdata ?; 3) Bagaimana penerapan akad istijrar dalam jual beli bahan bangunan pada toko Budi Bangun Desa Sukorame Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam?; Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam (in-depth interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktiknya berdasarkan hasil kesepakatan yang dilakukan antara pemilik toko dengan konsumen yaitu : 1) Terdapat 4 fenomena pada toko Budi Bangun dengan menggunakan akad istijrar pertama, pembayaran dilakukan ketika bahan yang diterima sudah terpenuhi keseluruhannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Jual Beli
Hukum > Kontrak
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193069 EMA KRISTIAWATI
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:26
Last Modified: 22 Jul 2023 09:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36846

Actions (login required)

View Item View Item