OPTIMALISASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

AMALIYA KHOIRUN NISA’ LUTFIYA, 12207193090 (2023) OPTIMALISASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

xviii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Optimalisasi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Amaliya Khoirun Nisa’ Lutfiya, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Optimalisasi Manajemen Perpustakaan, Minat baca, siswa Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena manajemen perpustakaan lembaga pendidikan dalam menumbuhkan budaya gemar membaca dalam mensukseskan gerakan literasi di sekolah, namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang dalam penerapan budaya membaca masih rendah. Pengetahuan tentang pentingnya perpustakaan diharapkan dapat membantu seluruh warga sekolah, khususnya siswa, untuk mengoptimalkan pengetahuannya baik dalam ranah akademik maupun non akademik. Manajemen Perpustakaan erat kaitannya dengan pengolahan bahan pustaka, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, layanan, dan anggaran. Perpustakaan SMP Negeri 1 Srengat telah memperoleh Akreditasi Nasional sehingga bisa dijadikan rujukan lembaga pendidikan tingkat SMP di kabupaten Blitar yang mengelola perpustakaan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi perencanaan kegiatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar?; 2) Bagaimana optimalisasi pelaksanaan kegiatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar?; 3) Bagaimana optimalisasi pengawasan kegiatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan fenomenologi-naturalistik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya, kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, koordinator layanan pembaca, guru bahasa Inggris, dan pengurus osis bagian literasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: (1) optimalisasi perencanaan kegiatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar meliputi (a) Perencanaan perpustakaan sekolah dituangkan dalam RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). (b) Perencanaan Sumber Daya Manusia dengan bekerja sama petugas perpustakaan dan pengurus osis. (c) Perencanaan bahan informasi dengan bekerja sama dengan guru materi pelajaran. (d) Perencanaan peralatan perpustakaan meliputi pengadaan kebutuhan dilakukan pada ajaran baru di data kebutuhannya. (e) Adapun yang menjadi faktor pendukung perencanaan adalah apresiasi dari pengurus osis yang sangat mendukung program literasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah anggaran dana yang digunakan untuk penambahan koleksi di perpustakaan belum semuanya terpenuhi. (2) Optimalisasi pelaksanaan kegiatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar meliputi (a) Pengadaan bahan pustaka dilakukan pustakawan dengan membuat lembar angket, Cara kedua dengan menyesuaikan kebutuhan siswa. (b) Pengolahan bahan pustaka meliputi kegiatan inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, pemasukan data dalam aplikasi, tahapan terakhir penyelesaian bahan fisik perpustakaan dan meletakkan buku dirak. (c) Pelaksanaan sumber daya manusia sesuai dengan bidangnya yang memang lulusan sarjana ilmu perpustakaan. (d) Pelaksanaan sarana dan prasarana terdiri tiga hal yaitu pengadaan sarana prasarana, pemeliharaan sarana prasarana dan penataan ruang sarana prasarana. (e) Pelaksanaan layanan ada tiga jenis yaitu layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan membaca di perpustakaan. Dan juga terdapat layanan penunjang lainnya. (f) Pelaksanaan anggaran dana meliputi pengadaan bahan pustaka, penambahan koleksi buku, perawatan barang yang rusak dan untuk sarana dan prasarana perpustakaan. (g) Adapun faktor pendukung pelaksanaan adalah minat baca siswa yang cukup baik, sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa jarang untuk datang ke perpustakaan jika tidak ada tugas dari bapak/ibu guru. (3) Optimalisasi pengawasan kegiatan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMP Negeri 1 Srengat Blitar yaitu terdiri dari pengawasan elektronik adanya CCTV yang berjumlah 8 buah yang berada: pada ruang baca, ruang koleksi buku, ruang baca terbuka, dan luar perpustakaan. Adapun Pengawasan non-elektronik dilakukan oleh kepala sekolah, kepala perpustakaan, adanya tata tertib perpustakaan, pustakawan yang berjumlah dua orang dan dari pengurus osis untuk memantau siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193090 AMALIYA KHOIRUN NISA' LUTFIYA
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:43
Last Modified: 04 Jul 2023 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36852

Actions (login required)

View Item View Item