IRKHAM YAHYA, 17204163083 (2023) KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 BANDUNG PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI TEORI VAN HIELE. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (826kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bandung Pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele” ini ditulis oleh Irkham Yahya, NIM 172041630803, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M.Si. Kata Kunci: penyelesaian masalah, bangun datar, teori Van Hiele Kemampuan penyelesaian masalah untuk setiap individu berbeda-beda tergantung dari jumlah pengetahuan yang dimilikinya, kecepatan dalam mengingat pengetahuan sebelumnya, tingkat kreativitas siswa, dan kemampuan siswa dalam membedakan konsep. Dari hasil studi pendahuluan, menyatakan bahwa tingkat pengetahuan geometri siswa dalam menyelesaikan masalah geometri berbed-beda. Hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban siswa. Teori Van Hiele mengkaji tentang tingkat pengetahuan siswa dalam memahami materi geomatri. Pеnelitian ini bеrtujuan untuk mendeskripsikan kеmampuan penyelesaian masalah matematika siswa materi bangun datar ditinjau dari teori Van Hiele. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 2 siswa tingkat 0 (visualisasi), 2 siswa tingkat 1 (analisis), serta 2 siswa tingkat 2 (dеduksi informal). Langkah penyelesaian masalah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah penyelesaian masalah yang dikemukakan oleh Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 (enam) siswa kelas VIII A SMPN 3 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara, serta menganalisis data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa berdasarkan teori Van Hiele, menunjukkan bahwa 1) Siswa pada tingkat 2 (Deduksi Informal) dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana penyelesaian, serta mampu memeriksa kembali jawaban yang didapat. Mereka juga mampu memeriksa kemungkinan cara lain dari soal yang diberikan. 2) Siswa pada tingkat 1 (Analisis) dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana penyelesaian tetapi belum mampu menghubungkan informẚsi yang ada dengan informasi yang belum diketahui, dalam melaksanakan rencana penyelesaian mampu melaksanakan strategi yang dipilih serta langkah�langkah penyelesaiannya, akan tetapi belum mampu memeriksa setiap langkah�langkah yang digunakan, mereka juga belum mampu memeriksa solusi yang didapat. 3) Siswa pada tingkat 0 (Visualisasi) dalam menyelesaikan masalah mampu memahami masalah, tetapi belum mampu menyusun rencana penyelesaian dengan menunjukkan konsep yang akan digunakan, belum mampu melaksanakan rencana penyelesaian karena salah saat menentukan informasi yang belum diketahui, belum mampu memeriksa solusi yang didapat karena mereka cenderung tidak memeriksa kembali solusi yang diperoleh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163083 Irkham Yahya |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:17 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36859 |
Actions (login required)
View Item |