PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL ULUM DAYU I NGLEGOK BLITAR

FADLILAH MANSYUROH, 2817123059 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL ULUM DAYU I NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika peserta didik kelas V MI Hidayatul Ulum Dayu I Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Fadlilah Mansyuroh NIM 2817123059 dibimbing oleh Musrikah, S.Pd.I, M.Pd Kata Kunci: Think-Pair-Share (TPS), Matematika, Motivasi dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwasanya peserta didik kurang tertarik pada proses pembelajaran Matematika, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Kondisi tersebut disebabkan oleh: (1) pada saat proses pembelajaran Matematika guru menerangkan hanya menggunakan metode ceramah saja (2) pada saat pembelajaran berlangsung, terlihat wajah kurang antusias dari peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru (3) peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar Matematika peserta didik banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika pada pokok bahasan Pecahan Desimal. Pembelajaran menggunakan model koopeatif tipe Think-Pair-Share (TPS) ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas V MI Hidayatul Ulum Dayu I Nglegok Blitar? (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V MI Hidayatul Ulum Dayu I Nglegok Blitar? Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas V MI Hidayatul Ulum Dayu I Nglegok Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan diterapkanya model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) pada peserta didik kelas V MI Hidayatul Ulum Dayu I Nglegok Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas tahap penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) adalah: peneliti menerangkan materi kepada peserta didik, peneliti mengerjakan soal secara mandiri, setelah peserta didik selesai mengerjakan, peneliti meminta peserta didik untuk berpasangan untuk berdiskusi tentang jawaban dan setiap pasangan maju kedepan untuk mempresentasikan hasil dari diskusi, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, peneliti mengevaluasi hasil kerja siswa dan peneliti bersama peserta didik membuat kesimpulan. Motivasi peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) mengalami peningkatan. Pada sebelum tindakan, rata-rata hasil dari angket adalah 2,5 dalam kategori cukup termotivasi. Dan pada setelah tindakan rata-rata hasil angket adalah 4,05 dalam kategori sangat termotivasi. Sedangkan Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) juga mengalami peningkatan. Pada pre test ketuntasan belajar peserta didik 11,11% dengan nilai rata-rata 41,38. Setelah melakukan tindakan siklus I ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,55% dengan nilai rata-rata 63,61. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik meningkat lagi menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata 73,33. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas V Sunan Maliki MI Hidayatul Ulum Dayu I Nglegok Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123059 FADLILAH MANSYUROH
Date Deposited: 23 Aug 2016 03:48
Last Modified: 23 Aug 2016 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item