MUHAMMAD BARIK MAULANA, 17205163349 (2023) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN PADANGAN NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Penanaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Padangan Ngantru Tulungagung”. yang ditulis oleh oleh Muhammad Barik Maulana, NIM. 17205163349. Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A Penegakan karakter religius harus dilaksanakan secara konsisten untuk mencegah terjadinya suatu penyimpangan. Apabila hal-hal yang ada dalam karakter religious ditegakkan dan dilaksanakan secara konsisten, maka akan timbul suatu sikap yang baik dalam melakukan suatu kegiatan Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam penanaman pendidikan karakter religius shidiq pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Padangan Ngantru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam penanaman pendidikan karakter religius amanah pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Padangan Ngantru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam penanaman pendidikan karakter religius fathonah pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Padangan Ngantru Tulungagung Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian deskriptif merupakan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Padangan Ngantru Tulungagung. Instrumen yang digunakan adalah wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi. Sesuai dengan hasil penelitian bahwasanya sifat Shidiq memiliki penjelasan yang mengarah pada kejujuran dalam perkataan, perbuatan, atau keadaan batin, yang mana dalam perilaku tersebut tidak ada yang dibuat-buat atau biasa disebut bohong, akan tetapi sifat Shidiq juga memiliki kemampuan yang mantap, stabil, dewasa, arif, jujur, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhak mulia. Hasil penelitian tentang amanah Pertama, berkaitan dengan hubungan dengan Allah. Amanah diartikan sebagai kewajiban hamba kepada Allah yang harus dilakukan manusia. Kedua, terkait dimensi antar manusia. Dalam hal ini amanah dilihat sebagai karakter terpuji dan tugas yang harus dilaksanakan. Ketiga, diri sendiri. Pada dimensi ini amanah dilihat sebagai sesuatu yang harus dikerjakan untuk kebaikan dirinya. Hasil penelitian, Karakter Fathonah dalam diri peserta didik begitu penting untuk dimilki atau di tanamkan, dan begitu juga dengan adanya pendidikan atau model pendidikan zaman sekarang yang sangat mengarah pada keaktifan dan kecerdasan peserta didik. Oleh karena itu sifat fathonah jika dimiliki peserta didik, akan membuat peserta didik lebih siap untuk menghadapi masa kedewasaannya kedepan. Katakunci: Strategi, Amanah. Fatonah, Shidiq
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163349 Muhammad Barik Maulana |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 12:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 12:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36894 |
Actions (login required)
View Item |