Ellen Diyanti Mandasari, 2823123036 (2016) PENGARUH TRIANGLE MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BANK JATIM CABANG SYARIAH KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
PEMBUKAAN.pdf Download (620kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (562kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (616kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Triangle Marketing terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri” ini ditulis oleh Ellen Diyanti Mandasari, NIM. 2823123036, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Dr. Nur Aini Latifah, SE., MM . Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemasaran bagi dunia perbankan khususnya perbankan syariah guna menarik perhatian serta minat calon nasabah untuk bergabung, baik menjadi nasabah penabung ataupun nasabah pembiayaan. Yang mana salah satunya adalah dengan menggunakan strategi pemasaran Triangle Marketing yang meliputi Internal Marketing (IM), Eksternal Marketing (EM), dan Interactive Marketing (ITM). Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Apakah Internal Marketing berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri?; 2) Apakah Eksternal Marketing berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri?; 3) Apakah Interactive Marketing terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri?; 4) Apakah Internal Marketing, Eksternal Marketing, dan Interactive Marketing secara simultan berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri?; 5) Manakah diantara Internal Marketing, Eksternal Marketing, dan Interactive Marketing yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh Triangle Marketing terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri baik secara parsial maupun simultan. Dan juga untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi atau bahan kajian dan penelitian selanjutnya dalam menambah pengetahuan dalam bidang manajemen pemasaran khususnya mengenai pengaruh Triangle Marketing terhadap keputusan nasabah menabung di lembaga keuangan bank ataupun non bank. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan sampel random. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah penabung Bank Jatim Cabang Syariah Kediri yang berjumlah 3969 orang. Dan didapatkan sampel sebanyak 98 orang responden yang diperoleh dengan perhitungan rumus Slovin. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan bantuan software SPSS for windows Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Internal Marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri; 2) Eksternal Marketing berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syaraih Kediri; 3) Interactive Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri; 4) Secara simultan Internal Marketing, Eksternal Marketing, dan Interactive Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri; 5) Eksternal Marketing merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, Bank Jatim Cabang Syariah Kediri diharapkan mampu mengevaluasi serta meningkatkan strategi pemasarannya khususnya strategi pemasaran Trianlge Marketing guna menarik minat calon nasabah sehingga nasabah tersebut akan mengambil keputusan untuk menabung pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Kata kunci: Triangle Marketing (Internal Marketing, Eksternal Marketing, Interactive Marketing), Keputusan Nasabah Menabung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823123036 Ellen Diyanti Mandasari |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 03:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3693 |
Actions (login required)
View Item |