PENERAPAN STRATEGI DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI NU AN NUR KAB. MALANG

MUHAMMAD SHOHIBUL KHOIR, 12205173064 (2023) PENERAPAN STRATEGI DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI NU AN NUR KAB. MALANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (977kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI di MI NU An Nur Kab. Malang” ini ditulis oleh Muhammad Shohibul Khoir, NIM 12205173064, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci : Penerapan, Strategi Discovery learning, Minat belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa problema yang muncul dalam kegiatan pembelajaran sesudah pandemi Covid-19 pada kelas VI, diantaranya yaitu minat belajar peserta didik cenderung meningkat atau menurun, kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara luring seteh dua tahun daringmenjadi kebiasaan baru bagi peserta didik serta pendidik harus menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah diterima. Untuk itu, peneliti ingin mengamati bagaimana penerapan strategi discovery sebagai upaya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik selama pembelajaran di era pasca pandemik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan fokus penelitian yaitu; 1) Bagaimana desain Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI di MI NU An Nur. 2) Bagaimana menumbuhkan minat belajar siswa menggunakan Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI di MI NU An Nur. 3) Bagaimana efektivitas Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI di MI NU An Nur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Desain strategi discovery learning adalah melakukan perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan (orientasi), kegiatan inti (Merumuskan masalah, Mengumpulkan data, Menyimpulkan) dan kegiatan penutup, evaluasi atau penilaian. melakukan perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, evaluasi atau penilaian. 2) Cara menumbuhkan minat belajar peserta didik dapat dilakukan beberapa program yaitu; berinovasi dalam pembelajaran, menyusun bahan ajar, metode yang tepat, strategi yang sesuai dengan situasi dan kondisi . 3) Efektivitas strategi discovery dapat dilihat dari manfaatnya yaitu Membantu peserta didik yang pasif dalam mengembangkan intelektual, meningkatkan minat belajar, membantu pendidik dalam menjalankan tugas, membantu menyajikan informasi dan intruksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173064 MUHAMMAD SHOHIBUL KHOIR
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:04
Last Modified: 05 Jul 2023 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36965

Actions (login required)

View Item View Item