PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG MATERI SISTEM REGULASI

MOHAMAD IRFAN ARDIANSYAH, 12208193106 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG MATERI SISTEM REGULASI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung Materi Sistem Regulasi”. Skripsi ini ditulis oleh Mohamad Irfan Ardiansyah NIM 12208193106, Prodi Tadris Biologi UIN SATU Tulungagung. Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar, Materi Sistem Regulasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah atau yang dikenal sebagai model konvensional, motivasi dan hasil belajar rendah dibuktikan dengan nilai penskoran siswa banyak yang masih dibawah nilai 75 dan masih ada siswyang nilainya dibawah 60. dalam proses pendidikan di kelas masih ada sebagian permasalahan pada guru serta siswa disebabkan guru masih memakai tata cara pendidikan konvensional/ tradisional serta guru susah mempraktikkan model pendidikan yang cocok dengan kurikulum 2013 serta menyebabkan siswa di SMAN 1 Kalidawir memiliki tingkatan motivasi siswa yang rendah serta hasil belajar siswa kurang memuaskan. Model pembelajaran discovery learning dipilih dan digunakan dikarenakan termasuk model pembelajaran yang mendukung dalam kurikulum 2013 dan kelebihan dari discovery learning supaya siswa agar terlibat aktif dalam menemukan konsep dan pengetahuan, mengembangkan kreatifitas dan memberikan kesempatan untuk berlatih. Maka diharapkan dapat mengubah motivasi belajar dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung materi sistem regulasi. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung materi sistem regulasi. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung materi sistem regulasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment dan desain penelitian non evquivalent control group design. Populasi yang pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Kalidawir sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas). (2) Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homegenitas). (3) Uji Hipotesis (Uji T dan Uji manova). Hasil dari uji validitas angket 14 item angket valid dan 11 item angket tidak valid, sementara hasil uji validitas 15 item soal pre – test dan post – test valid semua. Hasil uji reliabilitas angket motivasi belajar siswa Cronbach’s Alpha 0,896 sementara hasil uji reliabilitas pre – test dan post – test Cronbach’s Alpha 0,812 itu semua dinyatakan reliabel. Sementara hasil uji prasyarat : uji normalitas angket motivasi belajar siswa dihasilkan nilaisignifikansi 0,134 untuk kelas eksperimen dan 0,117 untuk kelas kontrol, dan uji normalitas pre – test dan post – test dihasilkan nilai signifikansi pre – test kelas eksperimen 0,109 dan post – test kelas eksperimen 0,067 sementara pre – test kelas kontrol 0,086 dan post – test 0,076 semuanya berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas angket motivasi belajar siswa nilai signifikansinya 0,107 sementara pre -test dan post – test hasil uji homogenitas menghasilkan nilai signifikansi 0,712 dan 0,611 semua data dinyatakan homogen, untuk hasil uji hipotesis dapat dilihat diparagraf selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung materi sistem regulasi dengan perolehan uji t menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan thitung lebih besar ttabel = 2,005 yaitu 0,000 dan 4,536 yang menyatakan H0 ditolak H1 diterima. (2) Ada pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung materi sistem regulasi dengan perolehan uji t menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan thitung lebih besar ttabel = 2,005 yaitu 0,000 dan 3,741 yang menyatakan H0 ditolak H1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kalidawir Tulungagung materi sistem regulasi dengan perolehan uji Manova menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 yang menyatakan H0 ditolak H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: MAHASISWA 12208193106 MOHAMAD IRFAN ARDIANSYAH
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:49
Last Modified: 05 Jul 2023 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36978

Actions (login required)

View Item View Item