PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PODOREJO SUMBERGEMPOL

ANAVI NURHARTANTI, 12205193151 (2023) PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PODOREJO SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Nurhartanti, Anavi.2023.Pengaruh Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi dan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Podorejo Sumbergempol.Skripsi, Pendidikan Guru MadrasahIbtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.Prof.Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata kunci :Internet, Prestasi, Hasil Belajar Penelitian inidilatarbelakangi oleh fakta bahwa sudah umum anak seusia MI menggunakan gadget saat dirumah untuk membantu pekerjaan Prnya maupun disekolah untuk pembelajaran. Tak jarang jika anakyang kurang fahamoleh penyampaianmateriyang di sekolah, banyak yangmencari suumber tambahan belajarnya di Youtube maupun diaplikasi seacrhing. Fokus penelitian ini adalah (1)Adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber balajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol?.(2)Adakahpengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol?. (3)Adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi dan hasil belajar siswa kelaas IV di MI Podorejo Sumbergempol?. Metode dalam penelitian ini yakni metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalahsiswa MI Podorejo pada tahun ajaran 2022/2023 yang telah berusia diatas 10 tahun. Jadi, populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 4,5, dan 6 yang berjumlah 174 siswa.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV A dan Kelas IV B.Instrumen penelitian ini adalah angket dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan, angket,tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah manova dan uji koefisiensi korelasi, yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian (1)Tidak ada pengaruh antara pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk prestasi belajar diperolehSig.sebesar 0,075> 0,05.(2)Ada pengaruh antara pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung dengan tingkat hubungan sangat rendah. Hal ini berdasarkan perhitungan uji korelasi koefisiensi untuk hasil belajar diperolehSig.sebesar 0,054/0,05 > 0,05. (3)Tidak ada pengaruh antara pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi dan hasil belajar siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji Manova untuk prestasi danhasil belajar diperoleh Sig.sebesar 0,206 > 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193151 ANAVI NURHARTANTI
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:06
Last Modified: 05 Jul 2023 06:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37063

Actions (login required)

View Item View Item