STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN ALAM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL

APRILIA WULANDARI, 12205193193 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN ALAM PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Alam pada Pembelajaran Tematik di MI Riyadlotul UqulDoroampel” yang dituliskan oleh Aprilia Wulandari, NIM 12205193193, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.Nita Agustina N.E.E, M. Pd.I. Kata Kunci :Startegi, Guru, Minat Belajar, Pemanfaatan Alam Penelitian iniberangkat dari konteks permasalahan yang dihadapi pada dua tahun belakangan ini yang telah terjadi yaitu pembelajaran pada masa COVID-19 yang menyebabkan peserta didik lebih cenderung belajar dirumah dan menggunakan handphone dalam proses pembelajaran. Dengan peralihan pembelajaran daring ke luring ini peserta kurang adanya minat belajar dan malas dalam pembelajaran. Dengan demikian pelunya adanya peningkatan minat belajar yang dilakukan dengan pemanfaatan alam sehingga peserta didik termotivasi dam memiliki minat belajar yang tinggi. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : 1)Perencanaan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pemanfaatan lingkungan alam pada pembelajaran tematik2)Pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pemanfaatan lingkungan alam pada pembelajaran tematik 3)Evaluasi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pemanfaatan lingkungan alam pada pembelajaran tematik Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penulis menganalisis data menggunakan Kondensasi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianStrategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Alam pada Pembelajaran Tematik di MI Riyadlotul Uqul Doroampel: 1) perencanaan pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu dengan penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran serta penyiapan media yang tepat guna menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik memiliki minat belajar yang tinggi, 2) pelaksaan guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu mengggunakan media pemanfaatan alam dengan memperkenalkan secara langsungkepada peserta didik, seperti halnya bagian-bagian tumbuhan, setelah itu peserta didik di tuntut untuk aktif dengan mempresentasikan manfaaat dan fungsi bagian-bagian tumbuhan yang telah di diskusikan sebelumnya. 3) evaluasi yang dilakukan guru yaitu dengan cara lempar snowball throwing dengan demikian peserta didik akan semakin tertarik untuk mempelajari materi guna bisa menjawab pertanyaan yang ada dalam gulungan bola soal tersebut selain itu guru juga dapat memberikan soal seperti soal harian, Ujian Tengah Semester, dan Ujan Akhir Semester. Melalui evaluasi ini guru dapat melihat seberapa paham peserta didik memahami pembelajaran yang telah di sampaikan oleh guru, sehingga jika ada kurangnya pemahaman pada peserta didik guru dapat memberikan penjelasan lebih detail.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1220519319393 Aprilia Wulandari
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:03
Last Modified: 06 Jul 2023 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37109

Actions (login required)

View Item View Item