SELVY FRISCA OKTAVIAN TANTI, 12205193020 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (410kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
Abstract
Skripsi. “Strategi Pembelajaran Bagi Peserta Didik Lamban Belajar (Slow Learner) DalamMeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung”ini ditulis oleh Selvy Frisca Oktavian Tanti, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM : 12205193020 Tahun 2023 di bimbing oleh Zainudin, S.Ag.,M.Pd.I. Kata kunci : Strategi, Lamban Belajar, Hasil Belajar Berdasarkan fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, dimana keberadaan peserta didik lambanbelajar sering kali tidak disadari oleh para guru. Hal ini terjadi karena peserta didik lamban belajartidak terlihat memiliki masalah secara fisik, hanya saja memiliki kapasitas kognitif yang terbatas yang berdampak pada kemampuan berpikir. Untuk itu seorang guru diharuskan mempersiapkan kegiatan pembelajaran dan strategi pembelajaran yang dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana karakteristik peserta didik lamban belajar kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung? 2) Bagaimana strategi pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru dalam menangani peserta didik lamban belajar kelas 1 di Madrasah IbtidaiyahNegeri 5 Tulungagungt?3) Bagaimana hasil penerapan strategi pembelajaran bagi peserta didik lamban belajar kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaf dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) karakteristik peserta didik lamban belajar kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung yaitu daya tangkap terhadap materi pembelajaran yanglambat, hasil belajar yang rendah, dan tidak mampu mengerjakan tugas dengan baik. 2) adapun strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam menangani peserta didik lamban belajar yaitu dengan menggunakan beberapa metode seperti metode ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, penugasan, dan yang terakhir metode remedial. 3) Untuk hasil penerapan strategi pembelajaran dengan penggunaan beberapa metode yang bertujuan untuk peserta didik lebih cepat memahami materi yang telah disampaikan, karena hal ini sangat mempengaruhi terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun hasil penerapannya bagi peserta didik lamban belajar yaitu peserta didik lamban belajar lebih mudah menerima materi yang disampaikan, penggunaan beberapa metode pembelajaran memudahkan peserta didik lamban belajar memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193020 SELVYFRISCAOKTAVIANTANTI |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:19 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37126 |
Actions (login required)
View Item |