STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs Di SMP Sunan Giri Menganti Dan SMP Al-Azhar Menganti-Gresik)

EKA SUCIATI PRATIWI, 128501203008 (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs Di SMP Sunan Giri Menganti Dan SMP Al-Azhar Menganti-Gresik). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Eka Suciati Pratiwi, NIM 128501203008 “Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru (Studi Multi Situs) di SMP Sunan Giri Menganti dan SMP Al-Azhar Menganti”. Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1: Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag., 2: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Pengembangan Profesionalisme Guru. Proses pembangunan masa mendatang untuk Indonesia salah satu yang menjadi keberhasilan yakni dunia pendidikan. Suatu bangsa jika menginginkan pendidikan di negaranya maju serta dapat mencapai tujuannya, maka tidak hanya satu cita-cita saja yang harus dipenuhi, tetapi diperlukan semua faktor saling mendukung dan bersinergi. Faktor-faktor tersebut dapat dimulai dari faktor kurikulum, pengelolaan, sarana prasarana, pembiayaan dan yang terpenting adalah faktor sumber daya guru. Seorang Guru yang secara langsung berafiliasi dengan pendidikan, yang dituntut selalu dinamis dalam mengembangkan kemampuan diri, meningkatkan serta memperluas wawasan untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Fokus penelitian ini yakni: 1) Bagaimana perencanaan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMP Sunan Giri Menganti dan SMP Al-Azhar Menganti-Gresik. 2) Bagaimana implementasi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme di SMP Sunan Giri Menganti dan SMP Al-Azhar Menganti-Gresik. 3) Bagaimana evaluasi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme di SMP Sunan Giri Menganti dan SMP Al-Azhar Menganti-Gresik di kedepannya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif serta desain penelitian multi situs. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrument kunci untuk mengumpulkan data. Tempat penelitian berlokasi di SMP Sunan Giri Menganti dan SMP Al-Azhar Menganti. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara mendalam. Teknik analisis data dengan Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing/Verification. Pengecekan Keabsahan data menggunakan empat kreteria yaitu credibility, transferability, dependability, serta confirmability. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Strategi Kepala Sekolah pada setiap lembaga pendidikan memilii perbedaan begitupula dikedua sekolahan ini mulai dari perencanaa, imlpementasi, hingga evaluasinya. 2) Profesionalisme Guru yang perlu diperhatikan yaitu dalam kemampuan mereka baik kemampuan paedagogik, profesional, kepribadian serta sosial sehingga nantinya dapat membentuk guru yang benar-benar sesuai dengan standart profesionalisme guru itu sendiri. 3) Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru harus disesuaikan dengan keadaan atau kondisi di sekolahan tersebut. Seorang kepala sekolah disini juga harus mengetahui ketercapaian strateginya terhadap pengembangan guru dengan melihat keadaan guru berada di level tertentu, baik guru gagal, guru kritis, guru tidak fokus, sampai guru profesional. Kepala sekolah dapat a) melihat dari hasil supervisi atau kegiatan sebelumnya, b) membuat beberapa program pelatihan pengembangan guru, c) program berupa program pelatihan ataupun pembiasaan, d) mengatasi hambatan dengan baik, e) penyampaian pelaksanaan program sampai menghasilkan bahan untuk perencanaan selanjutnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pratiwi eka
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:26
Last Modified: 10 Jul 2023 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37152

Actions (login required)

View Item View Item