KURNIA PUTRI PEBIMIATI, 12203193066 (2023) USING ELSA SPEAK APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS IN EIGHTH GRADE OF MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
TABLE OF CONTENTS.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
CHAPTER I.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text
CHAPTER II.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
Text
CHAPTER III.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
Text
CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
||
Text
CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
|
Text
REFERENCES.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Pebimiati, Kurnia Putri. Nomor Induk Mahasiswa. 12203193066. 2023. Using ELSA Speak Application to Improve Students’ Speaking Skills in Eighth Grade of MTsN 1 Trenggalek. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Arina Shofiya, M. Pd. Kata Kunci: meningkatkan, kemampuan berbicara, aplikasi ELSA Speak Keterampilan berbicara digunakan sebagai salah satu tolok ukur pencapaian dalam bahasa Inggris karena berbicara adalah kemampuan produktif dalam bentuk lisan yang sangat kompleks. Siswa di kelas delapan MTsN 1 Trenggalek menghadapi beberapa masalah pada proses pembelajaran berbicara. Sebagian besar siswa mengalami masalah dalam hal pengucapan, kosakata, serta tata bahasa. Serta siswa merasa kurang percaya diri dan merasa takut membuat kesalahan saat berbicara. Untuk itu, peneliti menggunankan aplikasi ELSA Speak untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana aplikasi ELSA Speak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan di MTsN 1 Trenggalek. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana aplikasi ELSA Speak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan di MTsN 1 Trenggalek. Metode penelitian: 1) desain pada penelitian itu yaitu penelitian tindakan kelas model dari Kemmis dan McTaggart (1988), (2) subjek penelitian yaitu siswa kelas delapan L di MTsN 1 Trenggalek, (3) penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Prosedur penelitian dari setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, (4) kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika 75% siswa mampu mendapatkan nilai ≥ 75 pada tes yang dilakukan, (5) instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar pengamatan, wawancara, angket, dan tes, (6) karena data penelitian yang dihasilkan tidak hanya berupa angka namun juga berupa kata atau kalimat, maka analisis data dilakukan dengan mempelajari semua data dari sumber yang dihasilkan melalui proses pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada penelitian terdahulu adalah 60. Sebanyak 23% siswa lulus tes dan 77% siswa gagal tes. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 74. Sebanyak 58% siswa lulus tes dan 42% siswa gagal tes. Kriteria keberhasilan belum tercapai pada siklus 1 karena siswa yang lulus tes kurang dari 75% sehingga siklus 2 perlu dilaksanakan. Pada siklus 2, nilai rata-rata siswa adalah 80. Sebanyak 84% siswa lulus tes dan 16% siswa gagal tes. Kriteria keberhasilan pada siklus 2 telah tercapai karena lebih dari 75% siswa lulus tes. Sehingga penelitian dihentikan pada siklus 2. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa implementasi aplikasi ELSA Speak berhasil dalam penelitian karena mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris terutama pengucapan siswa. Serta aplikasi ELSA Speak dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri berbicara bahasa Inggris pada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | 12203193066 KURNIA PUTRI PEBIMIATI |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:22 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37168 |
Actions (login required)
View Item |