IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI MI THOLABUDDIN GANDUSARI BLITAR

KHUSNUL KHAMIDAH, 12205193040 (2023) IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DI MI THOLABUDDIN GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Impelementasi Pembentukan Karakter Religius melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Khusnul Khamidah, NIM 12205193040, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci : Pembentukan Karakter Religius dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Fenomena yang terjadi saat ini sangat memprihatinkan, banyak moral anak bangsa yang menurun, sehingga sering kali kita melihat di media masa yang menceritakan tentang perilaku yang menyimpang yang dilakukan oleh anak muda jaman sekarang. Terlebih pada karakter religius pada anak harus dimiliki sejak dini, jika dibiarkan dapat membuat siswa lupa akan kewajibannya pada Allah swt. Oleh sebab itu, banyak sekolah yang memiliki program dalam pembentukan karakter religius. Program taman pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter religius yang baik yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral. Hal tersebut menunjukkan semakin antusias dalam memberikan pendidikan anak melalui program tersebut serta menjadikan anak – anak mereka menjadi pribadi dengan akhlak yang mulia salah satunya yang telah diprogramkan di MI Tholabuddin Gandusari Blitar. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengangkat judul Implementasi Pembentukan Karakter Religius melalui Program Taman Pendidikan Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar. Peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana materi program taman pendidikan Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius di MI Tholabuddin Gandusari Blitar? 2) Bagaimana metode program taman pendidikan Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius di MI Tholabuddin Gandusari Blitar? 3) Bagaimana penanaman karakter religius melalui program taman pendidikan Al-Qur’an di MI Tholabuddin Gandusari Blitar? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan hasil penelitian. Pengecekan data menggunakan Triangulasi (Triangulasi sumber, tekhnik, dan waktu), perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Materi program taman pendidikan Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius di MI Tholabuddin Gandusari Blitar adalah baca tulis Al-Qur’an dengan acuan buku jilid tartila. Materi baca tulis Al-Qur’an disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dalam menerima materi. 2) Metode program taman pendidikan Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius di MI Tholabuddin Gandusari Blitar adalah metode tartila dengan membacanya jelas dan benar sesuai tajwid. Selama pembelajaran dengan menggunakan drill atau membaca ayat secara berulang-ulang serta sorogan dengan membaca ayat Al-Qur’an di hadapan guru. 3) Penanaman karakter religius melalui program taman pendidikan Al-Qur’an di xvii MI Tholabuddin Gandusari Blitar melalui pembiasaan dengan menanamkan sikap disiplin waktu, berdoa sebelum belajar, dan memiliki wudhu (dawamil wudhu) sebelum membaca Al-Qur’an. Serta, melalui keteladanan dengan menanamkan sikap sopan, dan santun. Sehingga, penanaman karakter religius akan berdampak dengan siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mampu mengamalkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Khusnul 12205193040 Khusnul Khamidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:40
Last Modified: 06 Jul 2023 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37202

Actions (login required)

View Item View Item