IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUL ASYFA PONGGOK BLITAR

JOHAN ALDAFA HADIWANTO PUTRA, 12201193229 (2023) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUL ASYFA PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa ” ini ditulis oleh Johan Aldafa Hadiwanto Putra, NIM 12201193229 ,Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Bapak Muhammad Zainul Arifin, M.Pd. I. NIDN. 2006098301 Kata kunci: Implementasi, Metode Ummi, Kualitas membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyrakat muslim di Indonesia yang buta huruf Al-Qur’an. Padahal Al-Qur’an merupakan kitab suci seorang muslim sebagai pemeluk agama Islam. Salah satu faktor penyebab masih banyak fenomena buta Al-Qur’an di Indonesia adalah kurangnya kurikulum dalam lembaga-lembaga pembinaan Al-Qur’an khususnya di TPQ. Fokus peneliti dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses perencanaan pembelajatran metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa Ponggok Blitar?. (2) Bagaimana implementasi pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa Ponggok Blitar?. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa Ponggok Blitar Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk medeskripsikan proses perencanaan pembelajatran metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa Ponggok Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa Ponggok Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di TPQ Darul Asyfa Ponggok Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini penelitian terlibat aktif serta turun langsung ke lapangan untuk memahami fenomena dan menjaga keaslian data. Teknik yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, selanjutnya, untuk pengechekan kabsahan data penelitian menggunakan pengamatan berulang, trigulasi data dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses perencanaan pembelajaran metode Ummi di TPQ Darul Asyfa memiliki 10 tahap yakni goodwill management, sertifikasi guru, tahapan yang baik dan benar, target yang jelas dan terukur, mastering learning, waktu yang memadai, rasio guru dan siswa yang proporsional, kontrol internal dan eksternal, progress report dan koordinator yang handal. (2) terdapat 7 tahapan implementasi pembelajaran yakni pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, Latihan/drill, evaluasi, penutup. (3) Dalam rangka evaluasi kemampuan para santri, TPQ Darul Asyfa memiliki 3 jenis evaluasi yakni evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid dan evaluasi munaqasyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193229 JOHAN ALDAFA HADIWANTO PUTRA
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:54
Last Modified: 06 Jul 2023 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37203

Actions (login required)

View Item View Item