MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

TRISNA WULANDARI, 12207193123 (2023) MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi di SMA Negeri 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Trisna Wulandari, NIM 12207193123, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M. Ag. Dalam suatu lembaga pendidikan, untuk memenuhi layanan administrasi pastinya dibutuhkan tenaga kependidikan yang menangani masalah administrasi. Pada hakikatnya pengelolaan tata usaha sekolah merupakan bagian dari administrasi pendidikan karena administrasi sekolah merupakan penerapan administrasi pendidikan dalam organisasi sekolah. Diperlukan pelayanan yang berkualitas agar pelanggan merasa nyaman dengan layanan yang diterimanya. Dalam hal ini sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanannya dengan membenahi pelayanan yang sudah baik supaya lebih baik lagi dan juga dapat memenuhi harapan dari pelanggan .Fokus penelitian pada penelitian ini antara lain : 1) Bagaimana perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Tulungagung ?, 2) Bagaimana pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Tulungagung ?, 3) Apa saja kendala yang dihadapi dan solusi yang dapat digunakan untuk menghadapi kendala dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Tulungagung ?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggunakan kata-kata dalam menjelaskan temuan penelitian dan menganalisisnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.Hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Tulungagung terdiri atas perekrutan staf yang berkompeten, perencanaan sarana prasarana penunjang, dan adanya pembagian tugas di tata usaha. 2) Pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan kualitas layanan administrasi di SMAN 1 Tulungagung yang pertama yaitu mengenai pelayanan yang diberikan. Bentuk pelayanan administrasi yang diberikan tata usaha seperti pembayaran iuran sekolah, pendistribusian PIP siswa, segala hal terkait persuratan, dan juga mengenai pengadministrasian data siswa dari siswa masuk hingga keluar. Kedua, para staf sudah melakukan kinerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. ketiga, kepala tata usaha melakukan pengawasan kinerja para staf tata usaha. Keempat, kepala tata usaha memberikan motivasi kepada para staf tata usaha. Kelima, sarana prasarana sudah dimanfaatkan sesuai fungsinya sebagai penunjang pemberian layanan administrasi. 3) Kendala yang masih dialami dalam pemberian layanan administrasi di SMAN 1 Tulungagung diantaranya yaitu masih belum validnya data siswa, adanya penumpukan ijazah, serta miss communication antar staff. Solusi yang ditawarkan untuk menghadapi kendala belum validnya data siswa yaitu dengan mendisiplinkan siswa untuk mengumpulkan berkas tepat waktu. Mengenai kendala penumpukan ijazah, solusi yang ditawarkan yaitu adanya program kerja layanan pengantaran ijazah atau “Latarzah” yang digagas oleh kepala sekolah. Dan untuk kendala terakhir yaitu mengenai miss communication, solusi yang ditawarkan yaitu dengan meningkatkan komunikasi antar staf agar komunikasi terjalin menjadi semakin baik. Kata Kunci : Manajemen Tata Usaha, Kualitas, Layanan Administrasi

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193123 Trisna Wulandari
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:14
Last Modified: 06 Jul 2023 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37213

Actions (login required)

View Item View Item