PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di MTsN 2 Blitar dan MTsN 8 Blitar)

DAHLIA KHUMAIRO', 12850121011 (2023) PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di MTsN 2 Blitar dan MTsN 8 Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Multi Situs di MTsN 2 Blitar dan MTsN 8 Blitar)” ini ditulis oleh Dahlia Khumairo’ dengan dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci: Supervisi Pembelajaran, Profesionalisme Guru Kepala madrasah merupakan motor penggerak penentu arah kebijakan menuju keberhasilan madrasah. Motivasi dan pengawasan kepala madrasah diperlukan untuk meningkatkan kompetensi guru. Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen serta PP No. 19 Tahun 2005 menyatakan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik/metodologis, profesionalisme, sosial dan kepribadian. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui supervisi. Kepala madrasah sebagai supervisor berkewajiban memberikan bantuan, pembinaan, pelatihan dan dukungan untuk meningkatkan kemampuan guru. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pendekatan pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Blitar dan MTsN 8 Blitar, dan bagaimana mekanisme pelaksanaan supervisi pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 2 Blitar dan MTsN 8 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan analisis data situs tunggal (kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan), Pengecekan keabsahan data meliputi, uji kredibilitas (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendekatan pelaksanaan supervisi pembelajaran berupa pendekatan direktif dan non direktif. Pendekatan direktif relevan dengan kualifikasi profesional Capability personal yang mengedepankan pengetahuan, kecakapan/keterampilan, sikap dan memprioritaskan pengarahan dan pemaparan langsung. Pendekatan non direktif relevan dengan kualifikasi profesional Guru sebagai Visioner, agar guru memiliki kemandirian mampu melihat kedepan, dan agar tetap berada pada rel-nya serta dapat memiliki pesprektif yang luas. 2) Mekanisme pelaksanaan supervisi pembelajaran untuk meningkatkan profesionalisme guru meliputi perencanaan yang melibatkan wakil kepala dan guru senior di musyawarkan dan dirancang dengan baik, pelaksanaan supervisi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dilapangan melalui jadwal yang sudah ditentukan dan menerapkan teknis pelaksanaan supervisi pembelajaran, serta menganalisa hasil supervisi secara obyektif dan efisien, membuat saran dan masukan yang sesuai untuk dijadikan tindak lanjut kedepannya, baik secara individual maupun kelompok untuk mengingkatkan profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121011 DAHLIA KHUMAIRO'
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:07
Last Modified: 24 Jul 2023 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37221

Actions (login required)

View Item View Item