PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE FOAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI KUBUS DAN BALOK DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN 2016

EDY SUROSO, 2814123009 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE FOAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI KUBUS DAN BALOK DI MTsN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN 2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 EDY SKRIPSI.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 EDY SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 3 EDY SKRIPSI.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB_4_EDY_SKRIPSI.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
Text
BAB_5_EDY_SKRIPSI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_6_EDY_SKRIPSI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_RUJUKAN.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Pembelajaran Puzzle Foam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Materi Kubus Dan Balok di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2016” ini ditulis oleh Edy Suroso dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw berbantuan Puzzle Foam, Hasil belajar matematika. Pembelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang membutuhkan alat bantu atau alat peraga. Tetapi pada kenyataannya pada sebagian sekolahan yang memiliki siswa yang cukup banyak akan mengalami kendala, karena tidak mencukupinya alat peraga. Berkaitan dengan masalah ini, maka perlu suatu pembelajaran yang berkelompok-berkelompok, agar pemakaian alat peraga dapat terlaksana. Salah satu model pembelajaran berkelompok adalah penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw berbantuan Puzzle Foam. Dengan menggunakan model ini maka tidak membutuhkan alat peraga yang tidak terlalu banyak, hanya dengan sejumlah kelompok yang ada. Selain itu dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar, bertanggung jawab atas dirinya sendiri, membuat pembelajaran lebih menarik, menumbuhkan persaingan yang sehat, dan melatih berdiskusi dalam menyelesaikan masalahnya. Rumusan dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan Puzzle Foam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun 2016?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan Puzzle Foam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok di MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun 2016. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C - H MTs Negeri Karangrejo Tulungagung tahun ajaran 2016. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan Cluster Random Sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII E dan VIII F. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post test dan dokumentasi. Post test digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa MTs Negeri Karangrejo yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data 1. Daftar nama siswa yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. 2. Deskripsi tempat penelitian. 3. Nilai pelajaran Semester Ganjil kelas VIII E dan F tahun ajaran 2016 bidang studi matematika. Selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw berbantuan Pazzle Foam terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung= 2,346743 dan 2,380, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,989 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw berbantuan Puzzle Foam dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw berbantuan Puzzle Foam terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123009 EDY SUROSO
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:18
Last Modified: 25 Oct 2016 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item