PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BLITAR

ULFA APRILIA TIKA, 12201193072 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar” ini ditulis oleh Ulfa Aprilia Tika, NIM. 12201193072, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hasanal Khuluqi, S.Ud., M.Ag. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang selama ini menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi yang membuat peserta didik bosan dan jenuh belajar. Kebosanan inilah yang akhirnya membuat hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Oleh karena itu, diperlukan adanya penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi yang dapat menjadikan proses belajar mengajar efektif dan menyenangkan bagi peserta didik, salah satunya adalah pembelajaran dengan metode snowball throwing. Tujuannya adalah agar tercapainya keberhasilan belajar dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif kelas VII mata pelajaram Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar? (2) Adakah pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek afektif kelas VII mata pelajaram Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar? (3) Adakah pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek psikomotorik kelas VII mata pelajaram Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar? (4) Adakah pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 4 Blitar yang berjumlah 318, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 peserta didik. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif kelas VII mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Blitar. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung 2,700 sedangkan ttabel 0,2542 dengan nilai signifikansi 0,05. Artinya nilai thitung = 2,700 > ttabel = 0,2542 dan sig. (2-tailed) = 0,009 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek afektif kelas VII mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Blitar. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung 7,993 sedangkan ttabel 0,2542 dengan nilai signifikansi 0,05. Artinya nilai thitung = 7,993 > ttabel = 0,2542 dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik dalam aspek psikomotorik kelas VII mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Blitar. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung 3,166 sedangkan ttabel 0,2542 dengan nilai signifikansi 0,05. Artinya nilai thitung = 3,166 > ttabel = 0,2542 dan sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. (4) ada pengaruh metode pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hasil belajar kognitif sebesar 0,009 < 0,05. Nilai signifikansi hasil belajar aspek afektif sebesar 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi hasil belajar psikomotorik sebesar 0,002 < 0,05. Karena nilai signifikansi > 0,05 maka Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfa 12201193072 Ulfa Aprilia Tika
Date Deposited: 09 Jul 2023 03:20
Last Modified: 09 Jul 2023 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37240

Actions (login required)

View Item View Item