PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJAGA KALIBATUR KALIDAWIR TULUNGAGUNG

IKA NURLAILIYAH, 12201173222 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VII DI MTS SUNAN KALIJAGA KALIBATUR KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap disiplin siswa kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung” ini ditulis oleh Ika Nurlailiyah, NIM. 12201173222, pembimbing Saiful Bahri. Kata kunci: Peran Guru, Sikap Disiplin, Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukkan kesadaran untuk ketaatan menaati aturan dalam membentuk sikap disiplin siswa. Oleh karena itu disiplin merupakan masalah penting. Dalam kaitan ini dibutuhkan peran guru di sekolah dalam membentuk karakter siswa yang kuat. Pembentukan sikap disiplin oleh guru Agama dapat dilakukan dengan cara memberik contoh atau teladan kepada siswa dalam melaksanakan perintah Allah dan dalam kehidupan sehari-hari. Menetapkan peraturan yang tetap dan konsisten. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam membentuk sikap disiplin peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung. (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik (educator) dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung. (3) Bagaimana peran Guru PAI sebagai motivator dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pembimbing dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung. (2) untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pendidik (educator) dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung. (3) untuk mengetahui peran guru PAI sebagai motivator dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik di MTs Sunan Kalijaga Kalibatur Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilaukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka ditarik kesimpulan bahwa: (1) Kedisiplinan di sekolah pendidik mensosialisasikan terlebih dahulu tentang tata tertib yang ada di sekolah kepada siswanya, dengan teladan yang baik dan positif maka nantinya akan melahirkan siswa yang disiplin. Guru PAI sebagai pembimbing dan pelatih yang mana guru PAI mengajarkan dengan menurut syariat islam yang berperan melatih siswanya dalam hal membaca surat-surat yang berhubungan dengan materi pembelajaran, dan materi bantuan keoada siswa yang kurang memahami materi dan yang diajarkan. (2) Guru PAI sebagai pendidik dalam membentuk sikap disiplin adalah dengan menanamkan nilai-nilai ajaran islam, contohnya seperti mengingatkan siswa agar menghormati guru-guru yang ada di sekolah dan orang tua yang ada dirumah, serta memberikan pengarahan yang baik agar siswa patuh terhadap tata tertib yang telah ditentukan di sekolah. Guru berperan sebagai pendidik menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. (3) Guru PAI juga berperan sebagai motivator mampu memberikan rangsangan dan dorongan untuk mengembangkan potensi siswa. dalam membentuk sikap disiplin siswa, guru dapat memberikan motivator melalui cerita-cerita yang dapat membangkitkan semangat siswa agar tetap disiplin. Guru juga mempunyai cara untuk menumbuhkan dan menanamkan sikap disiplin kepada siswa dengan memberi pengetahuan-pengetahuan kedisiplinan terlebih dahulu kemudian siswa harus menerapkanya. Motivasi dari guru pada umumnya dan guru Agama khususnya merupakan hal yang penting dan dibutuhkan untuk mendorong keinginan manusia agar lebih baik, dalam hal merubah tingkah laku ini hendaknya guru mengetahui prinsip-prinsip motivasi yang dapat membantu pelaksanaan tugas mengajarnya, meskipun tidak ada pedoman khusus yang pasti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201173222 Ika Nurlailiyah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:13
Last Modified: 10 Jul 2023 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37253

Actions (login required)

View Item View Item