KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN 7 KEDIRI

SITI ROIKHATUL JANNAH, 12204193262 (2023) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN 7 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 7 Kediri” ini ditulis oleh Siti Roikhatul Jannah, NIM. 12204193262, dosen pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Literasi Matematika, Gaya Belajar, PISA, Konten Change and Relationship. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan masalah kontekstual pada situasi nyata. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa pada abad 21 adalah literasi matematika. Namun berdasarkan hasil PISA beberapa tahun terakhir kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia tergolong rendah. Dalam usaha meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, Guru harus memperhatikan gaya belajar siswa. Hal ini dikarenakan karakter siswa dalam menerima dan mengolah informasi berbeda-beda sesuai dengan gaya belajarnya. Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTsN 7 Kediri dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B MTsN 7 Kediri yang berjumlah 63 siswa. Kemudian diambil enam siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes PISA, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi seluruh fase literasi matematika yaitu fase merumuskan masalah (formulate), menggunakan matematika (employ), menafsirkan matematika (interpret). Siswa dengan gaya belajar auditori hanya memenuhi dua fase literasi matematika diantaranya fase merumuskan masalah dan menggunakan matematika. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan literasi matematika yang berbeda. Subjek pertama dapat memenuhi dua fase pertama yaitu fase merumuskan masalah dan menggunakan matematika. Sedangkan subjek kedua hanya memenuhi satu fase yaitu merumuskan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mahasiswa 12204193262 Siti Roikhatul Jannah
Date Deposited: 09 Jul 2023 05:35
Last Modified: 09 Jul 2023 05:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37255

Actions (login required)

View Item View Item