PENGGUNAAN CHANEL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

DENDY NURKHOSIM, 12209193052 (2023) PENGGUNAAN CHANEL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Chanel Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” yang ditulis oleh Dendy Nurkhosim, NIM 12209193052, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dita Hendriani, M.A NIP. 197912202014032001 Kata Kunci: Penggunaan Youtube, Sarana Pembelajaran, Sejarah Menurut pandangan beberapa spesialis pakar pendidikan sejarah dan juga sejarawan memaparkan pendapat terkait fenomena pendidikan sejarah yang sedang berlangsung di bumi pertiwi. Prof.Hamid Hasan misalnya, memaparkan terkait kenyataan yang tengah terjadi sekarang, model pendidikan sejarah masih sangat jauh dari keinginan ataupun tujuan agar memungkinkan peseta didik menengok sangkut paut atau kaitannya dengan kehidupan bermasyarakat saat ini dan masa depan. Bermula dari pendidikan setingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, pendidikan sejarah lebih condong untuk memanfaatkan keterangan sejarah sebagai muatan materi utama. Sehingga tidaklah aneh apabila dalam pembelajaran didalam kelas memiliki kesan terasa kering, tidak menarik minat siswa, serta tidak memberikan keleluasaan terhadap anak didik supaya untuk belajar menelusuri kebermaknaan dari sebuah kejadian historis (Hasan, 1994). Rumusan dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penggunaan Vidio dari YouTube sebagai media pembelajaran Materi Sejarah pada siswa kelas 7 SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023? (2) Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan Chanel YouTube terhadap pemahaman siswa mengenai materi Sejarah pada siswa kelas 7 SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023? (3) Apa Implikasi penggunaan Vidio dari YouTube @asisi sebagai media pembelajaran materi Sejarah pada siswa kelas 7 SMPN 1 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menghasilkan sebagai berikut: (1) Langkah langkah dalam penggunakan youtube sebagai sarana pembelajaran sejarah bercorak Hindu-Budha adalah pertama perlu melihat rancangan pembelajaran utnuk menentukan materi apa yang memang benar-benar membutuhkan sarana pembelajaran. Disisilain kondisi kelas dan juga perlu diperhatikan dalam saat memilih video youtube yang akan ditampilkan. Setalah memperhatikan hal hal tersebut barulah bisa memilih video apa yang akan digunakan dengan mengambilnya dari youtube yang sekiranya mampu membuat siswa fokus dan menumbuhkan minatnya saat belajar. (2) Saat menggunakan suatu sarana pembelajaran tentu akan memiliki poin positif dan juga negatif yang menjadi pertimbangan suatu media pembelajaran digunakan. Tidak terkecuali youtube, kelebihan yang dimiliki youtube sebagai sarana pembelajaran ialah mampu menghasilkan visual yang nyata kehadapan siswa tanpa perlu datang langsung ketempat atau area bersejarah yang diinginkan untuk belajar. kelebihan selanjutnya bisa mempermudah guru dalam penyampaian materi dan guru hanya perlu mengulangi materi yang mungkin masih belum dipahami oleh siswa. Disisi keunggulan tersebut terdapat kelemahan yang dimiliki yaitu bila ditayangkan secara terus menerus kepada siswa dengan kata lain secara monoton bisa membuat siswa bosan sebab kuarang adanya interaksi dengan guru. Yang kedua memperlukan alat alat penayang yang memperlukan sumber arus listris jika terjadi pemadaman listerik maka sarana pembelajaran yang sudah dirancang tidak bisa dilakukan. (3) Dampak penggunaan chanel youtube @asisi terhadap siswa memiliki dampak yang baik yaitu siswa lebih tertarik untuk belajar menggunakan video dari pada tidak menggunakannya sama sekali. Selain mampu menarik minat juga bisa meningkatkan fokus siswa saat belajar meskipun masih ada segelintir siswa yang tidak memperhatikan akan tetapi hanya minoritas saja hal ini dikarenakan tidak semua siswa memiliki kemampuan menamkap materi yang sama. Sehingga penggunaan youtube tidak boleh digunakan secara terus menerus dan perlu diselingi dengan metode lain seperti metode ceramah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193052 Dendy Nurkhosim
Date Deposited: 09 Jul 2023 05:46
Last Modified: 09 Jul 2023 05:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37258

Actions (login required)

View Item View Item