PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKUNGAN KELAS X MAN 1 PASURUAN TAHUN AJARAN 2022

INSAN WILLIANTI SUSANAH, 12208183031 (2023) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKUNGAN KELAS X MAN 1 PASURUAN TAHUN AJARAN 2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR dan PEMAHAMAN KONSEP MATERI LINGKUNGAN KELAS X MAN 1 PASURUAN TAHUN AJARAN 2022” ini ditulis oleh Insan Willianti Susanah, NIM 12208183031, Pembimbing Bapak Nanang Purwanto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Metode Brainstorming, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Siswa MAN 1 Pasuruan menerapkan metode konvensional kepada siswa untuk mempelajari materi biologi, penerapan metode tersebut menunjukkan tingkat kemandirian belajar dan pemahaman konsep yang cukup rendah. Tinjauan kondisi tersebut yang menjadi latarbelakang penelitian ini, peneliti berupaya untuk menhatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode brainstorming dalam proses pembelajaran di kelas. Penerapan metode ini diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep saat belajar materi lingkungan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu (1) Mengidentifikasi pengaruh metode brainstorming terhadap kemandirian belajar siswa saat belajar materi lingkungan, (2) Mengidentifikasi pengaruh metode brainstorming terhadap pemahaman konsep pada siswa saat belajar materi lingkungan, (3) Mengidentifikasi pengaruh metode brainstorming terhadap kemandirian belajar dengan pemahaman konsep materi lingkungan pada siswa secara bersamaan saat belajar materi lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif atau eksperimen, jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu Quasy Eksperimen Design atau eksperimen semu dengan The Non-equivalent Control Group Design. Peneliti mengambil dua kelas X MIA sebagai sampel, pada kelas X MIA 1 digunakan sebagai kelas kontrol dengan memberikan perlakuan berupa metode konvensional, sedangkan pada kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan memberikan perlakukan berupa penerapan metode brainstorming selama pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data penelitian mencakup penyebaran kuesioner kemandirian belajar, soal Post Test pemahaman konsep, wawancara guru biologi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan perhitungan data uji T-test nilai kemandirian belajar sebesar 0,00 dan nilai pemahaman konsep 0,04. Pada uji Manova memiliki nilai 0,00. Hasil kedua uji data tersebut menunjukkan nilai yang signifikan, lebih kecil dari 0,05, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam menerapkan metode brainstorming terhadap kemandirian dan pemahaman konsep materi lingkungan kelas X MAN 1 Pasuruan tahun ajaran 2022.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183031 Insan willianti susanah
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:22
Last Modified: 25 Jul 2023 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37259

Actions (login required)

View Item View Item