NANDA KHOIRUL UMMAHAT, 12201193006 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN TIKRAR AL-QUR'AN DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Kedisiplinan Siswa Melalui Pembiasaan Tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Nanda Khoirul Ummahat, NIM. 12201193006, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN SATU Tulungagung, pembimbing Drs. H. Masduki,M.Ag. Kata kunci: Peran Guru,Kedisiplinan, Tikrar Al-Qur’an Peran guru dalam pendidikan merupakan hal yang penting. Guru berperan bukan hanya memberikan pengetahuan saja, namun juga harus membentuk kepribadian siswa untuk dapat memiliki akhlak yang mulia. Maka dari itu untuk meningkatkan kepribadian siswa yaitu dengan menerapkannya pembiasaan tikrar Al-Qur’an yang dilaksanakan setiap pagi di madrasah. Adanya pembiasaan tikrar Al-Qur’an tersebut siswa dapat membiasakan ajaran Islam yang nantinya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kaulitas kedisiplinan siswa melalui pembiasaan tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar ? (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan siswa melalui pembiasaan tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar ? (3) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan siswa melalui pembiasaan tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar ? Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan siswa melalui pembiasaan tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan siswa melalui pembiasaan tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kualitas kedisiplinan siswa melalui pembiasaan tikrar Al-Qur’an di MTsN 3 Blitar. Dalam skrispsi ini penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diambil dari guru Al-Qur’an Hadist, guru tahfidz, siswa, dan dokumentasi lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi data (triangulasi sumber dan triangulasi teknik), dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru sebagai pembimbing meluputi guru membimbing, mengarahkan, menjelaskan hikmah-hikmah tikrar Al-Qur’an dan memberikan teguran serta hukuman terhadap siswa yang tidak disiplin. (2) Peran guru sebagai motivator meliputi guru memotivasi,mengajak, menumbuhkan rasa ikhlas dan teladan, memberikan arahan, mengondisikan dan memperkuan keteguhan siswa. (3) Peran guru sebagai fasilitator meliputi guru memberikan kemudahan berupa pelayanan jasa, memanfaatkan fasilitas yang ada, dan menjadi pendamping dalam pelaksanaan tikrar Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193006 Nanda Khoirul Ummahat |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 03:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37307 |
Actions (login required)
View Item |