STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PUSAT OLEH-OLEH KHAS KEDIRI 99 DI KAMPUNG TAHU

SABILA FAZA FIRDAUSY, 12405193106 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PADA PUSAT OLEH-OLEH KHAS KEDIRI 99 DI KAMPUNG TAHU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Pusat Oleh-Oleh Khas Kediri 99 Di Kampung Tahu” ini ditulis oleh Sabila Faza Firdausy, NIM. 12405193106, Pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Adanya persaingan dalam setiap usaha membuat strategi pemasaran menjadi hal utama terlebih dalam menganalisa masa depan sebuah bisnis. Oleh karena itu strategi pemasaran menjadi prioritas utama dalam penelitian ini karena kuatnya persaingan usaha pada Kampung Tahu, dengan demikian penelitian ini megangkat fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran pada Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99 dalam menghadapi persaingan usaha, 2) Apa saja faktor pendukung serta penghambat pada strategi pemasaran Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99?. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99 beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersumber dari pemilik, karyawan, dan konsumen Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trategi produk yang dilakukan oleh pemilik Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99 yakni dengan cara menggunakan bahan baku berkualitas, melakukan manajemen kuantitas produksi dan persediaan, seluruh proses produksi dilakukan pada satu lokasi, dan melayani pesanan dalam jumlah besar. Strategi harga yang dilakukan oleh pemilik Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99 yakni dengan mennetukan harga dengan jelas, memberi potong pada beberapa event, mengambil keuntungan sewajarnya tanpa merusak harga pasar. Strategi lokasi/tempat yang dilakukan oleh pemilik Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99 yakni dengan melangsungkan usaha di Kampung Tahu Kelurahan Tinalan Kota Kediri, memberi kesempatan para pedagang asongan untuk menjual tahu di terminal dan tepat umum lainnya, open reseller, tempat produksi bersih, rapi, dan terang. strategi promosi yang dilakukan oleh Pemilik Pusat Oleh-oleh Khas Kediri 99 berlangsung dari mulut ke mulut, mengikuti berbagai event UMKM, selalu bersedia diliput oleh berbagai media, serta meyediakan testi tahu bagi para pelanggan. Adapun faktor pendukung dalam proses pemasaran adalah kualitas produk yang dijadikan prioritas, banyaknya media TV dan radio lokal yang berdatangan. Sedangkan faktor penghambat yang pemilik jumpai adalah terbatasnya pengetahun digital marketing, belum ditemukannya formula pengawet untuk tahu agar lebih tahan lama dalam ekspedisi pengiriman, dan naik turunnya harga kedelai sebagai bahan baku yang tidak dapat diprediksi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Persaingan, Faktor Pendukung, dan Faktor Penghambat

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193106 SABILA FAZA FIRDAUSY
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:13
Last Modified: 10 Jul 2023 05:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37322

Actions (login required)

View Item View Item