DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA PARIWISATA DI TULUNGAGUNG (Study Kasus Pelaku Usaha Wisata Pantai Pacar Tulungagung)

DELA OKTARINA NINDA PRATIWI, 12402173086 (2022) DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA PARIWISATA DI TULUNGAGUNG (Study Kasus Pelaku Usaha Wisata Pantai Pacar Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Pelaku Usaha Pariwisata Di Tulungagung (Study Kasus Pelaku Usaha Wisata Pantai Pacar Tulungagung)” yang ditulis oleh Dela Oktarina Ninda Pratiwi, NIM. 12402173086, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Siswahyudianto, M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh industri pariwisata yang saat ini berkembang pesat. Untuk membangun sebuah pariwisata yang menarik dan banyak pengunjung perlu dilakukan pengembangan yang baik. Pembangunan sebuah lokasi wisata yang tidak disertai dengan kemampuan pengembangan dengan baik akan sulit bagi pihak pengelola untuk mencapai tujuan dari didirikannya wisata tersebut. Seperti minimnya kunjungan wisatawan karena obyek wisata yang dikembangkan kurang menarik, untuk itu strategi pengembangan untuk konsep wisata sangatlah penting dalam mengembangkan tempat wisata agar selalu diminati oleh wisatawan dan tertarik dengan obyek wisata tersebut serta mau atau mencoba/membeli produk yang dimiliki. Selain itu dengan adanya pengembangan pariwisata akan sangat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar wisata. Yang akan berdampak pada kesejahteraaan masyaraka. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui 1) strategi pengembangan obyek destinasi wisata Pantai Pacar, 2) kendala yang dialami saat pengembangan destinasi wisata Pantai Pacar serta solusi yang ditempuh, 3) dampak destinasi wisata Pantai Pacar dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha desikitar kawasan wisata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumetasi dan koesioner. Teknik analisis data menggunakan kondesasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1)Strategi pengembangan pariwisata di Pantai pacar dilakukan dengan pengelolaan dan pengembangan tempat pariwisata yaitu, pengembangan obyek daya tarik wisata, aksesibilitas lokasi yang mudah, penyediaan informasi terkait lokasi dan harga, dan tersedianya fasilitas umum yang lengkap.2) Berbagai kendala yang terjadi antara lain seperti keterbatasan dana dan tidak tersedianya aliran listrik. Adapun upaya dalam penyelesain kendala ini yaitu meminta bantuan dan dari Dinas terkait, dengan menggunakan Dana 10% hasil penjualan tiket pengunjung dan karcis parker serta menggunakan tenaga panel surya yang ada untuk memenuhi kebutuhan listrik 3) Dampak Positif, Penyerapan Tenaga Kerja, Peningkatan Perekonomian masyarakat dan dampak negatifnya adalah pengaruh budaya dari luar. Kata Kunci: Dampak, Kesejaheraan Pelaku Usaha, Pariwisata, Strategi Pengembangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173086 DELA OKTARINA NINDA PRATIWI
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:26
Last Modified: 10 Jul 2023 05:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37328

Actions (login required)

View Item View Item