PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG

FA'IZ FIRMANSYAH FAHMI, 12208173103 (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Mind Maping terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII MTsN 8 Tulungagung”, ini ditulis oleh Fa’iz Firmansyah Fahmi, NIM 12208173103 dibimbing oleh Dr, Eni Setyowati, S.Pd,. M.M. Kata kunci : mind map, hasil belajar Latar belakang masalah : Pembelajaran di MTsN 8 Tulungagung yang masih melaksanakan metode konvensional dan pembelajaran campuran dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dikarenakan adanya pandemi COVID - 19 tentunya juga membuat pembelajaran menjadi sulit dan tidak efektif. Hal ini membuat interaksi siswa dengan guru menjadi berkurang serta mengurangi keaktifan siswa. Cara yang dapat digunakan agar pembelajaran kreatif dan berpusat pada siswa adalah dengan melatih pola berpikirnya dengan mencatat dan menulis secara kreatif. Metode menulis kreatif yang bisa digunakan adalah mind map. Metode ini bertujuan untuk meminimalisir hafalan dan merangsang untuk memahami konsep pelajaran dengan memuat informasi-informasi penting dan singkat. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar materi sistem pencernaan kelas VIII MTsN 8 Tulungagung dan (2) Mengetahui sejauh mana pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar materi sistem pencernaan kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan lokasi di MTsN 8 Tulungagung. Data diambil dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas Kolmogorov-Smirnov. dan uji homogenitas. Setelah melalui uji prasyarat maka dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent sampel t test. Kemudian untuk mengetahui sejauh mana efek dari metode mind map maka dilakukan uji effect size. Setelah peneliti mengadakan penelitian maka diperoleh 2 hasil sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode mind map terhadap hasil belajar materi sistem pencernaan kelas VIII MTsN 8 Tulungagung dengan nilai signifikasi 0,012 < 0,05, (2) mind mapping memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa.dengan nilai d = 94,15%

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173103 FA'IZ FIRMANSYAH FAHMI
Date Deposited: 21 Jul 2023 03:20
Last Modified: 21 Jul 2023 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37342

Actions (login required)

View Item View Item