PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 3 BLITAR

ISNA ARIFATUL HIDAYAH, 12201193005 (2023) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar” ini di tulis oleh Isna Arifatul Hidayah, NIM. 12201193005 Jurusan Pendidikan agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata kunci: Minat Membaca, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat membaca peserta didik yang rendah, sehingga mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar yang kurang maksimal. Menumbuhkan minat membaca bukan hanya peran pendidik saja, namun orang tua juga memiliki peran dalam meningkatkan minat membaca pada peserta didik. Minat membaca yang tinggi akan memberikan pengetahuan yang luas untuk peserta didik. Pengetahuan tersebut dapat menjadi bekal peserta didik dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh minat membaca terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar? (2) Adakah pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar? (3) Adakah pengaruh minat membaca terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar?. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh minat membaca terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar. (2) Mengetahui pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar. (3) Mengetahui pengaruh minat membaca terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN 3 Blitar yang berjumlah 317. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample dengan jumlah sampel 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan minat membaca terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai thitung 6,218  ttabel 1,701 dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan minat membaca terhadap keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai thitung 5,166  ttabel 2,048 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 (3) Ada pengaruh signifikan minat membaca terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 3 Blitar. Hal ini dapat di tunjukkan dengan nilai P value atau signifikansi t untuk keaktifan dan hasil belajar peserta didik adalah Pillai’s Trace sebesar 0,032, Wilks Lambda sebesar 0,024, Hotelling’s Trace sebesar 0,014, dan Roy’s Largest Root sebesar 0,006 yang mana masing-masing tersebut nilainya lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193005 Isna Arifatul Hidayah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:54
Last Modified: 10 Jul 2023 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37356

Actions (login required)

View Item View Item