ANE SYIFA' UMI AZHARI, 12205193087 (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (860kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (654kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (503kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di MIN 7 Tulungagung”, yang ditulis oleh Ane Syifa’ Umi Azhari, NIM. 12205193087, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. H Asrop Safi’I, M.Ag. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kejenuhan Belajar Kejenuhan belajar peserta didik disebabkan karena kurangnya kreativitas pendidik dalam menggunakan metode, memilih media pembelajaran yang sesuai, serta kurangnya kreativitas dalam menumbuhkan motivasi belajar. Kreativitas seorang pendidik membawa pengaruh besar terhadap kegiatan belajar mengajar di kelas serta berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik. Seorang guru harus memiliki keterampilan untuk dapat menarik perhatian siswa, sehingga guru harus terampil, kreatif dan inovatif. Dengan hadirnya para guru yang kreatif dan inovatif dalam pengajaran tentunya akan membuat pembelajaran semakin maju, menarik, menyenangkan sesuai yang dibutuhkan para siswanya. Selain itu kreativitas guru dapat menciptakan suasana kelas menjadi kondusif. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kreativitas guru dalam menerapkan metode untuk mengatasi kejenuhan belajar di MIN 7 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kreativitas guru dalam memilih media untuk mengatasi kejenuhan belajar di MIN 7 Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kreativitas guru dalam menumbuhkan motivasi belajar untuk mengatasi kejenuhan belajar di MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sumber datanya adalah Kepala Madrasah, Guru kelas I dan V MIN 7 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mandalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: pertama, Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung adalah menggunakan metode fun learning dan variasi metode pembelajaran berupa metode ceramah, metode diskusi, dan metode tanya jawab. Kedua, Kreativitas guru dalam memilih media pembelajaran untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung dengan menggunakan media nyata (media realia). Ketiga, Kreativitas guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung melalui pengaturan ruang kelas dengan cara membentuk kelompok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205193087 ANE SYIFA' UMI AZHARI |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:14 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37377 |
Actions (login required)
View Item |