PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 NGUNUT PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

SHALSYABILLA FERREN RIZKI CAROLINE, 12212193110 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 1 NGUNUT PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Ngunut Pada Materi Hidrolisis Garam” ini ditulis oleh Shalsyabilla Ferren Rizki Caroline, NIM. 12212193110, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, kemampuan metakognisi, hasil belajar, hidrolisis garam Sistem pembelajaran yang mengupayakan siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi belum dilaksanakan secara maksimal. Hal tersebut menjadikan sistem pembelajaran kurang efektif dan kurang bermakna. Selain itu akan berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Materi hidrolisis garam merupakan materi yang membutuhkan pemahaman konseptual dan algoritmik, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk dapat mencapai sistem pembelajaran yang efektif dan efisien. Penggunaan model problem based learning dapat dijadikan sebuah solusi untuk mencapai sistem pembelajaran yang efektif dan bermakna sehingga dapat meningkatkan kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan metakognisi siswa kelas XI di SMAN 1 Ngunut pada meteri hidrolisis garam, (2) mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Ngunut pada meteri hidrolisis garam, (3) mendeskripsikan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Ngunut pada meteri hidrolisis garam Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen tes berupa soal esai divalidasi oleh dosen kimia UIN Satu Tulungagung dan guru kimia SMAN 1 Ngunut. Hasil validitas soal tes esai sebanyak 11 soal didapatkan hasil 10 soal valid (1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 11) dan 1 soal tidak valid (10). Hasil reliabilitas 10 soal valid didapatkan nilai 0,69 dimana 0,6 < 0,69 ≤ 0,80 yang berarti tingkat reliatibilitas soal berada pada kriteria “Tinggi”. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample T-Test dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan metakognisi siswa kelas XI di SMAN 1 Ngunut pada materi hidrolisis garam dengan perolehan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 pada taraf kepercayaan 5%, (2) ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Ngunut pada materi hidrolisis garam dengan perolehan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 pada taraf kepercayaan 5%, (3) ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Ngunut pada materi hidrolisis garam dengan perolehan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 pada taraf kepercayaan 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193110 SHALSYABILLA FERREN RIZKI CAROLINE
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:50
Last Modified: 10 Jul 2023 08:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37384

Actions (login required)

View Item View Item