MANAJEMEN STRATEGI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multisitus di MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)

DWI LUTFI NUR ANISA, 12850121012 (2023) MANAJEMEN STRATEGI MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multisitus di MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multisistus di MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)” ini ditulis oleh Dwi Lutfi Nur Anisa dengan Promotor Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci : Manajemen Strategi, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran Kepala Madrasah yang tidak hanya sebagai seorang guru, tetapi juga seorang guru yang memiliki tanggung jawab tambahan sebagai pemimpin suatu lembaga pendidikan. Dimana Kepala Madrasah mengelola berbagai sumber daya yang ada di madrasah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan termasuk mengelola Sumber Daya Manusia. Sumber Daya Manusia di Madrasah yakni pendidik (Guru) dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu penting bagi Kepala Madrasah sebagai pemegang kendali seluruh komponen di Madrasah untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pada aspek - aspek penting penyangga keberlangsungan madrasah termasuk peningkatan kinerja guru sebagai upaya meningkatkan kualitas madrasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab fokus penelitian mengenai : (1)Bagaimana Formulasi Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri?, (2)Bagaimana Implementasi Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri?, dan (3)Bagaimana Evaluasi Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 1 Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri?. Tesis ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan, ilmu, dan pengalaman dalam memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi suatu strategi untuk meningkatkan kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologis dengan rancangan penelitian yakni studi multisitus. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis dan interpretasi data dilakukan dalam 2 langkah yaitu :(1) Analisis kasus individu meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, (2) Analisis lintas situs. Pada pengujian keabsahan data peneliti menggunakan uji Credibility (Validitas interval), Transferability (Validitas eksternal), Dependability (Reliabilitas), dan Confirmability (Obyektivitas). Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu : (1) Formulasi strategi untuk meningkatkan kinerja guru dengan formulasi strategi bisnis, aktivitas pada formulasi strategi bisnis ini meliputi penyusunan perencanaan, analisis lingkungan madrasah, dan penentuan strategi, (2) Implementasi strategi dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan dengan (a) strategi diversifikasi konsentris meliputi penyusunan program non – akademik di madrasah dan perombakan pada struktur organisasi madrasah, (b) strategi fungsional meliputi peningkatan displin guru, memperhatikan kesejahteraan guru, dan membentuk komunikasi yang baik, (3) Evaluasi strategi dalam meningkatkan kinerja guru dengan (a) evaluasi proses yaitu membandingkan rencana dengan hasil kinerja guru, dan (b) evaluasi dampak yaitumembandingkan kinerja nyata dengan kinerja yang direncanakan serta membandingkan kinerja nyata dengan hasil.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:49
Last Modified: 21 Jul 2023 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37434

Actions (login required)

View Item View Item