ERNI WULANDARI, 2814123011 (2016) PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI POKOK FUNGSI DI MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN DEPAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (99kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Erni Wulandari, 2814123011, 2016, “Profil Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Fungsi di MTs Darul Falah Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Musrikah, S. Pd. I, M. Pd. Kata kunci: komunikasi matematis, gaya kognitif, fungsi Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa keterampilan menyampaikan pemikiran matematis yang dimiliki oleh peserta didik sekolah menengah pertama masih rendah. Sejalan dengan hal tersebut, gaya kognitif yang dimiliki oleh setiap peserta didik berbeda-beda. Sehingga, kemampuan komunikasi matematis yang dimilikinya juga berbeda-beda, ada yang cepat tanggap dan ada yang kurang tanggap ada yang aktif dan ada yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) komunikasi metematis secara verbal (lisan) ditinjau gaya kognitif field dependent peserta didik kelas VIII, b) komunikasi matematis secara non verbal (tertulis) ditinjau gaya kognitif field dependent peserta didik kelas VIII, c) komunikasi metematis secara verbal (lisan) ditinjau gaya kognitif field independent peserta didik kelas VIII, dand) komunikasi matematis secara non verbal (tertulis) ditinjau gaya kognitif field independent peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Kehadiran peneliti yaitu menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpul data. Lokasi penelitian di MTs Darul Falah Sumbergempol. Sumber datanya peserta didik kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi.Instrumen penelitian berupa soal tes, pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian pada peserta didik field dependent menunjukkan bahwa 1) komunikasi matematis secara verbalnya sebagai berikut: a) kurang aktif menyampaikan pemikiran matematisnya ketika mengikuti pembelajaran di kelas, b) mengkonstruksi dan mengkonsolidasi pemikiran matematisnya masih kurang cermat dan teliti, c) masih terlihat ragu-ragu, berbicara pelan dan kurang cermat dalam mengkomunikasikan pemikiran matematisnya secara koheren dan jelas, d) cara menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis dan strategi yang digunakan oleh orang lain secara singkat dan kurang benar, e) cukup mampu menggunakan bahasa matematika dalam mengekspresikan ide matematisnya dengan baik dan benar walaupun ada yang salah pengucapan. 2) Komunikasi matematis secara non verbalnya sebagai berikut: a) cukup mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru secara mandiri, tetapi masih cukup sering melihatjawaban temannya, b) cara mengkonstruksi dan mengkonsolidasi pemikiran matematisnya masih kurang sesuai dengan prosedur yang benar, c) masih terdapat banyak kesalahan dalam mengkomunikasikan pemikiran matematisnya secara koheren dan jelas, d) kurang mampu menganalisis dan mengevaluasi hasil pemikiran matematis dan strategi yang digunakan orang lain secara lengkap dan benar, e) kurang cermat dalam menggunakan bahasa matematika dalam mengekspresikan ide matematikanya secara baik dan benar.Terlihat ada kesalahan dalam penulisan lambang dan simbolnya. Hasil penelitian pada peserta didik field independent menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi matematis secara verbalnya sebagai berikut: a) aktif menyampaikan pemikiran matematisnya ketika mengikuti pembelajaran di kelas, b) mampu mengkonstruksi dan mengkonsolidasi pemikiran matematisnya dengan teliti dan cermat. c) percaya diri, tegas, dan cermat dalam mengkomunikasikan pemikiran matematisnya secara koheren dan jelas, d) cara menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis dan strategi yang digunakan orang lain dengan memberikan tanggapan yang cukup lengkap dan mudah dipahami, e) peserta didik field independent mampu menggunakan bahasa matematika dalam mengekspresikan ide matematikanya secara baik dan benar, terlihat fasih dalam pengucapan simbol dan lambang matematikanya. 2) Komunikasi matematis secara non verbalnya sebagai berikut: a) mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru secara mandiri dan cepat, b) mampu mengkonstruksi dan mengkonsolidasi pemikiran matematikanya dengan cermat dan benar, c) mampu mengkomunikasikan pemikiran matematisnya secara koheren dan jelas walaupun penulisan langkah-langkahnya singkat, d) mampu menganalisis dan mengevaluasi hasil pemikiran dan strategi orang lain dengan memberikan tanggapan dengan baik dan benar, e) mampu menggunakan bahasa matematika dalam mengekspresikan ide matematikanya dengan cermat, benar dan sesuai kaidah yang berlaku.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814123011 ERNI WULANDARI |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 06:32 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3746 |
Actions (login required)
View Item |