PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023

NISFU LAILI HIDAYAH, 12201193004 (2023) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2022/2023” ini ditulis oleh Nisfu Laili Hidayah, NIM 12201193004. Pembimbing Skripsi: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Kedisiplinan Belajar Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Disiplin yang dilakukan tidak bukan untuk membentuk karakter siswa menjadi seseorang yang bertanggung jawab akan tata tertib yang dijalankan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Oleh sebab itu peneliti beranggapan bahwa guru mata pelajaran akidah akhlak turut berperan dalam membina dan membimbing para siswa agar menjadi siswa yang disiplin, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dan dapat dikembangkan di kemudian hari. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (2) bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (3) bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pengelola kelas dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Adapun tujaun penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (2) mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (3) mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pengelola kelas dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Jenis penelitian berdasarkan tempat yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik analisis data nebggubakab reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, dan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membina kedisiplinan belajar siswa yakni dengan menunjukkan keteladanan disiplin yang baik, membina dan membimbing siswa dengan memberikan contoh datang ke madrasah 15 menit sebelum siswa datang, bertutur kata yang sopan, berpakaian yang rapi saat di madrasah. (2) peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina kedisiplinan belajar siswa kelas yakni dengan memberikan beberapa kata-kata motivasi terkait pentingnya disiplin dalam belajar, guru memotivasi siswa dengan memberikan semangat dengan memberikan ice breaking diawal pembelajaran, guru memberikan motivasi yang dikutip dari dawuh para ulama’ yang terdapat dalam kitab salaf, memberikan reward untuk siswa yang berani berpendapat.(3) peran guru akidah akhlak sebagai pengelola kelas dalam membina kedisiplinan belajar siswa yakni melakukan pembiasaan membaca al-Qur’an, menggunakan metode ceramah dan diskusi dalam pembelajaran, memberikan hukuman yang mendidik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193004 NISFU LAILI HIDAYAH
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:33
Last Modified: 12 Jul 2023 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37462

Actions (login required)

View Item View Item