PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

BINTI MUTMAINAH, 2817123028 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS V SDN 2 PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas V SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Binti Mutmainah, NIM. 2817123028, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Kooperatif, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA disekolah, yang kurang kondusif dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Peneliti ini berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya peserta didik kelas V SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya peserta didik kelas V SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kemapuan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya peserta didik kelas V SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) peserta didikkelas V SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik dan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN 2 Plosokandang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil kerjasama peserta didik dari siklus I ke siklus II, yaitu 76,6% pada siklus I sedangkan pada siklus II adalah 86,6%. 2) Hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II meningkat yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 70,00 (52,94%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 82,35 (91,17%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 12,35. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya kelas V di SDN 2 Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123028 Binti Mutmainah
Date Deposited: 05 Sep 2016 07:34
Last Modified: 05 Sep 2016 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item