NURHUDA IRFANDANI, 12201173370 (2023) IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Nurhuda Irfandani, NIM. 12201173370, dibimbing oleh Suwanto, M.S.I. Kata Kunci : E-Learning, Pembelajaran Fiqih, Media Pembelajaran Pembelajaran fiqih merupakan aktivitas yang sangat penting bagi para siswa, khususnya di Madrasah Aliyah atau sederajat. Ini disebabkan karena pembelajaran ilmu fiqih ialah pondasi bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya,, bisa terkait ibadah, bersuci, jual beli, hukum, dan lain sebagainya. Namun karena kondisi saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19, membuat semua kegiatan masyarakat menjadi serba terbatas, termasuk kegiatan yang ada di Sekolah atau Madrasah. Melihat dari kejadian tersebut, sangatlah menarik bagi peneliti untuk meneliti agar pembelajaran yang ada khususnya mata pelajaran fiqih bisa terlaksanakan dengan baik meskipun dalam kondisi yang terbatas. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi E-Learning dalam Perencanaan Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?, (2) Bagaimana Implementasi E-Learning dalam Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?, (3) Bagaimana Implementasi E-Learning dalam Evaluasi Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Subjek penelitian ini, ialah Kepala MA Al-Ma’arif Pondok Pesantren Panggung, Waka Kurikulum, dan Guru Fiqih. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disertai dengan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dalam perencanaan dimasa pandemi seperti ini maka materi yang dibuat harus sesuai dengan situasi yang ada, seperti penggunaan kurikulum darurat, serta RPP daring untuk pembelajaran elearning, (2) dalam pelaksanaan penggunaan e-learning madrasah dari Kemenag maka segala kebutuhan dalam pembelajaran online akan terpenuhi, seperti: materi pembelajaran yang lengkap, Video Conference, Ice Breaking, dan lain sebagainya (3) dalam evaluasi pelajaran fiqih secara online dilakukan dengan cara guru memberi tugas kepada siswa, bisa yang berasal dari e-learning madrasah, bisa juga yang ada di LKS milik para siswa yang kemudian dikirimkan lewat Whatsapp atau lainnya disertai memberikan identitas pengirim, bahkan bisa juga diserahkan langsung ke guru yang ada di madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173370 Nur Huda Irfandani |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37480 |
Actions (login required)
View Item |