IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG

NURHUDA IRFANDANI, 12201173370 (2023) IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MA AL-MA’ARIF PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Nurhuda Irfandani, NIM. 12201173370, dibimbing oleh Suwanto, M.S.I. Kata Kunci : E-Learning, Pembelajaran Fiqih, Media Pembelajaran Pembelajaran fiqih merupakan aktivitas yang sangat penting bagi para siswa, khususnya di Madrasah Aliyah atau sederajat. Ini disebabkan karena pembelajaran ilmu fiqih ialah pondasi bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya,, bisa terkait ibadah, bersuci, jual beli, hukum, dan lain sebagainya. Namun karena kondisi saat ini sedang dalam masa pandemi Covid-19, membuat semua kegiatan masyarakat menjadi serba terbatas, termasuk kegiatan yang ada di Sekolah atau Madrasah. Melihat dari kejadian tersebut, sangatlah menarik bagi peneliti untuk meneliti agar pembelajaran yang ada khususnya mata pelajaran fiqih bisa terlaksanakan dengan baik meskipun dalam kondisi yang terbatas. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi E-Learning dalam Perencanaan Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?, (2) Bagaimana Implementasi E-Learning dalam Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung?, (3) Bagaimana Implementasi E-Learning dalam Evaluasi Pembelajaran Fiqih kelas XI di MA Ma’arif Pondok Pesantren Panggung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Subjek penelitian ini, ialah Kepala MA Al-Ma’arif Pondok Pesantren Panggung, Waka Kurikulum, dan Guru Fiqih. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disertai dengan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) dalam perencanaan dimasa pandemi seperti ini maka materi yang dibuat harus sesuai dengan situasi yang ada, seperti penggunaan kurikulum darurat, serta RPP daring untuk pembelajaran elearning, (2) dalam pelaksanaan penggunaan e-learning madrasah dari Kemenag maka segala kebutuhan dalam pembelajaran online akan terpenuhi, seperti: materi pembelajaran yang lengkap, Video Conference, Ice Breaking, dan lain sebagainya (3) dalam evaluasi pelajaran fiqih secara online dilakukan dengan cara guru memberi tugas kepada siswa, bisa yang berasal dari e-learning madrasah, bisa juga yang ada di LKS milik para siswa yang kemudian dikirimkan lewat Whatsapp atau lainnya disertai memberikan identitas pengirim, bahkan bisa juga diserahkan langsung ke guru yang ada di madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173370 Nur Huda Irfandani
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:59
Last Modified: 11 Jul 2023 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37480

Actions (login required)

View Item View Item