MANAJEMEN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multikasus di SMPN 1 Kudu Jombang dan MTsN 6 Jombang)

FAINANA NILNA MINA, 12501194025 (2023) MANAJEMEN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multikasus di SMPN 1 Kudu Jombang dan MTsN 6 Jombang). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, disrupsi terjadi pada tiap lingkup kehidupan. Disrupsi dalam lingkup pendidikan, mengharuskan siswa untuk bisa menguasai ketrampilan yang dibutuhkan saat ini, yaitu salah satunya ialah literasi. Namun faktanya, berdasarkan penilaian PISA 2015 literasi di Indonesia berada pada peringkat 64 dari 72 negara. Solusi pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut, ialah dengan menggalakkan gerakan literasi di satuan pendidikan termasuk tingkat SMP/MTs. Berdasar dari fenomena inilah, kemudian penelitian ini dilakukan. Fokus penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 2) Bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) Bagaimana pengawasan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan desain penelitian multikasus di SMP Negeri 1 Kudu Jombang dan MTs Negeri 6 Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui dua tahapan yaitu analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan empat kriteria yaitu credibility, transferbility, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1) perencanaan gerakan literasi sekolah/madrasah menggunakan administrative approach, SMPN 1 Kudu Jombang melaksanakan gerakan literasi mengikuti instruksi dari Kemendikud, sedangkan MTsN 6 Jombang dari Kemenag, selanjutnya membentuk struktur organisasi formal yaitu tim literasi sekolah dan merancang program kegiatan di setiap awal tahun ajaran baru (short-term planning), dan mempersiapkan sarana prasarana untuk mendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah/madrasah. 2) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah/madrasah dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Adapun dalam implementasinya strategi dan pemilihan kegiatan yang digunakan di kedua lembaga berbeda. 3) Pengawasan gerakan literasi sekolah/madrasah dilaksanakan secara internal oleh kepala sekolah/madrasah dan tim literasi yaitu dengan waktu yang telah ditentukan di SMPN 1 Kudu Jombang sedangkan dilaksanakan sewaktu-waktu di MTsN 6 Jombang dan eksternal oleh pengawas pendidikan ketika akreditasi sekolah di SMPN 1 Kudu Jombang sedangkan ketika adanya kegiatan penilaian kinerja kepala madrasah di MTsN 6 Jombang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194025 FAINANA NILNA MINA
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:41
Last Modified: 11 Jul 2023 08:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37484

Actions (login required)

View Item View Item