ANGGUN ERIK REFIANTI, 12201193225 (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA EKSTRAKURIKULER ROHANIAH ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PULE TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (705kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (372kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek” yang ditulis oleh Anggun Erik Refianti, NIM 12201193225, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam, Karakter Siswa, Ekstrakurikuler Rohaniah Islam Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada pada pendidikan di Indonesia yang akhir-akhir ini banyak muncul berbagai problem, salah satunya yaitu dengan mulai keroposnya moral atau karakter yang melanda generasi muda dan ini menjadi topik penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Melihat fenomena tersebut maka perlu adanya solusi yang bisa mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya melalui proses internalisasi nilai-nilai agama Islam yang diterapkan di lembaga sekolah baik dalam bentuk pengajaran di kelas maupun di luar kelas seperti pada kegiatan ekstrakurikuler Rohaniah Islam. Untuk itu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai proses dan implikasi dari internalisasi nilai-nilai agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dan diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan karakter pada generasi muda Indonesia. Fokus penelitian ini: 1.) Bagaimana bentuk Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam pada Ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pule Trenggalek?, 2.) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pule Trenggalek?, 3.) Bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai Agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk karakter peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pule Trenggalek?. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)Untuk memaparkan bentuk Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam pada Ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk Karakter Peserta Didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek., 2.)Untuk memaparkan proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk karakter peserta didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek., 3.) Untuk memaparkan bagaimana implikasi internalisasi nilai-nilai Agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk karakter peserta didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dan untuk pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini: 1.) Bentuk Internalisasi Nilai-nilai Agama Islam pada Ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek, yaitu: Nilai Akidah, Nilai Akhlak, Nilai Syariah. 2.) Proses internalisasi nilai-nilai Agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk karakter peserta didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek, Yaitu: a.) tahapan internalisasi nilai diantaranya: Transformasi Nilai, Transaksi Nilai, dan Transinternalisasi Nilai., b.) Metode Internalisasi nilai-nilai agama Islam diantaranya yaitu: Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, Metode Nasehat, Metode Hukuman., c.) Strategi Internalisasi nilai agama Islam diantaranya yaitu melalui Kegiatan Harian, Kegiatan Mingguan, Kegiatan Bulanan, dan Kegiatan Tahunan., 3.) Implikasi internalisasi nilai-nilai Agama Islam pada ekstrakurikuler Rohaniah Islam dalam membentuk karakter peserta didik SMA Negeri 1 Pule Trenggalek, Yaitu, dapat membantu peserta didik agar lebih mudah menghayati nilai agama Islam dan juga dapat membantu dalam menekan kenakalan remaja serta mencegah pengaruh buruk pada karakter peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193225 ANGGUN ERIK REFIANTI |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37492 |
Actions (login required)
View Item |