INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PENANAMAN BUDAYA RELIGIUS (Studi Multisitus di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule Kabupaten Trenggalek)

SIWI NURHAYATI, 1756154050 (2023) INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PENANAMAN BUDAYA RELIGIUS (Studi Multisitus di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Interaksi Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta Didik dalam Penanaman Budaya Religius (Studi Multisitus di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule Trenggalek)” ini ditulis oleh Siwi Nurhayati dengan dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M.Ag. dan Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I. Kata Kunci: Interaksi, Budaya Religius Di era globalisasi ini masalah dekadensi moral semakin meningkat. Remaja merupakan kelompok usia yang kerap menjadi sasaran masuknya budaya baru. Menciptakan budaya religius menjadi salah satu tujuan pembelajaran di SMPN 1 Pule dan di SMPN 3 Pule. Dengan memahami karakter remaja yang sedang berada pada fase labil, guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dapat membangun interaksi yang baik sehingga budaya religius yang ditanamkan akan diterima dengan baik pula oleh peserta didik. Fokus penelitiannya yang dikaji adalah interaksi dalam bentuk kerjasama, akomodasi, dan asimilasi oleh guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dalam penanaman budaya religius di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menemukan interaksi kerjasama oleh guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dalam penanaman budaya religius di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule, 2) Untuk menemukan interaksi akomodasi oleh guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dalam penanaman budaya religius di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule, 3) Untuk menemukan interaksi asimilasi oleh guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dalam penanaman budaya religius di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus yang berlokasi di SMPN 1 Pule dan SMPN 3 Pule Trenggalek. Sumber data berupa 3P (person, place, and paper), teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan diskusi sejawat, triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian: 1) interaksi kerjasama dilaksanakan dalam kerukunan dan tawar-menawar antara guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dilaksanakan untuk menanamkan budaya religius pada dimensi keyakinan, praktik agama, pengalaman agama, pengetahuan agama dan pengamalan agama. 2) interaksi akomodasi antara guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dilaksanakan dalam paksaan, kompromi, konsiliasi, dan toleransi untuk menanamkan budaya religius pada dimensi praktik agama, pengetahuan agama, dan pengamalan agama. 3) interaksi asimilasi antara guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik dilaksanakan dalam dominasi dan akulturasi untuk menanamkan budaya religius dimensi keyakinan, praktik agama, pengetahuan agama, dan pengamalan agama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:12
Last Modified: 12 Jul 2023 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37493

Actions (login required)

View Item View Item