DWI NUR RAMADHAN, 12209193046 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KEDATANGAN BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII TINGKAT MTs/SMP (Study Penelitian MTsN 1 Blitar, SMPN 1 Sanankulon Blitar, SMPN 3 Kedungwaru). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (894kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia Pada Siswa Kelas VIII Tingkat SMP/MTs” ini ditulis oleh Dwi Nur Ramadhan, Nim 1220939046, pembimbing Hendra Pratama M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia Penelitian ini mengembangkan media video pembelajaran materi kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia pada siswa kelas VIII. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di sekolah mengakibatkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Metode pengembangan yang dipilih adalah metode Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dalam tahapannya. Penelitian ini melibatkan siswa dari tiga sekolah sebagai partisipan yaitu MTsN 1 Blitar, SMPN 1 Sanankulon, dan SMPN 3 Kedungwaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil dari uji validasi ahli menunjukkan bahwa media video pembelajaran materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan memiliki kategori valid, yaitu 82,5% oleh ahli media dan 85% oleh ahli materi. Selain itu, hasil dari uji skala kecil dan skala besar menunjukkan kualifikasi yang baik. Penggunaan media video dalam pembelajaran memberikan keefektifan dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran, serta mendorong interaksi timbal balik antara guru dan peserta didik sehingga tercipta suasana interaksi belajar yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 08:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37499 |
Actions (login required)
View Item |