PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KEDATANGAN BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII TINGKAT MTs/SMP (Study Penelitian MTsN 1 Blitar, SMPN 1 Sanankulon Blitar, SMPN 3 Kedungwaru)

DWI NUR RAMADHAN, 12209193046 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KEDATANGAN BANGSA-BANGSA BARAT KE INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII TINGKAT MTs/SMP (Study Penelitian MTsN 1 Blitar, SMPN 1 Sanankulon Blitar, SMPN 3 Kedungwaru). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia Pada Siswa Kelas VIII Tingkat SMP/MTs” ini ditulis oleh Dwi Nur Ramadhan, Nim 1220939046, pembimbing Hendra Pratama M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia Penelitian ini mengembangkan media video pembelajaran materi kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia pada siswa kelas VIII. Kurangnya penggunaan media pembelajaran di sekolah mengakibatkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII. Metode pengembangan yang dipilih adalah metode Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dalam tahapannya. Penelitian ini melibatkan siswa dari tiga sekolah sebagai partisipan yaitu MTsN 1 Blitar, SMPN 1 Sanankulon, dan SMPN 3 Kedungwaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil dari uji validasi ahli menunjukkan bahwa media video pembelajaran materi perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan memiliki kategori valid, yaitu 82,5% oleh ahli media dan 85% oleh ahli materi. Selain itu, hasil dari uji skala kecil dan skala besar menunjukkan kualifikasi yang baik. Penggunaan media video dalam pembelajaran memberikan keefektifan dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran, serta mendorong interaksi timbal balik antara guru dan peserta didik sehingga tercipta suasana interaksi belajar yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:48
Last Modified: 17 Jul 2023 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37499

Actions (login required)

View Item View Item