LEVI NABILLA, 12204183215 (2023) ANALISIS KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (879kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (718kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segiempat dan Segitiga” yang ditulis oleh Levi Nabilla, NIM. 12204183215, dengan dosen pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Segiempat dan Segitiga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemahiran menggunakan angka dengan logika atau kemampuan pada kecerdasan logis matematis siswa pada Segiempat dan Segitiga. Kecerdasan logis matematis melibatkan keterampilan dalam mengolah angka serta akal sehat atau logika. Cara siswa memecahkan masalah sangat bergantung pada kecerdasan logis matematisnya. Siswa yang memiliki kecerdasan ini cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan suka bereksperimen. Maka dari itu, kecerdasan logis matematis sangat diperlukan untuk perkembangan siswa dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa SMP Muallimin Wonodadi Blitar kelas VII yang berkemampuan tinggi, 2) mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa SMP Muallimin Wonodadi Blitar kelas VII yang berkemampuan sedang, 3) mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa SMP Muallimin Wonodadi Blitar kelas VII yang berkemampuan rendah. Pada penelitian ini menggunakan penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, dan tes wawancara. Setelah data terkumpul, data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif yang menghasilkan gambaran, penjelasan atau ungkapan gambaran kondisi siswa dalam beberapa tingkatan kecerdasan logis matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis pada setiap tingkatan bahkan pada setiap siswa berbeda-beda. Dari kelas penelitian pada tes tulis diperoleh 5 siswa pada tingkat tinggi, 21 siswa pada tingkat sedang, dan 6 siswa pada tingkat rendah. Dari masing tingkatan tersebut diambil masing-masing 3 siswa untuk mengikuti wawancara. Berdasarkan penelitian didapatkan sebagai berikut: 1) siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika tingkat tinggi dapat memenuhi 6 indikator komponen kecerdasan logis matematis yang dikemukakan oleh Thomas Amstrong, 2) siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika tingkat sedang dapat memenuhi 4-5 indikator komponen kecerdasan logis matematis yang dikemukakan oleh Thomas Amstrong, 3) siswa yang memiliki tingkat kemampuan matematika tingkat rendah dapat memenuhi 3 indikator komponen kecerdasan logis matematis yang dikemukakan oleh Thomas Amstrong.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183215 Levi Nabilla |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:35 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37514 |
Actions (login required)
View Item |